Pemprov Kalsel Berikan Bantuan bagi ABK Korban Tenggelamnya KM Sabar Subur di Karimun Jawa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial Provinsi Kalsel bergerak cepat memberikan bantuan kepada para anak buah kapal (ABK) KM Sabar Subur yang menjadi korban insiden kapal tenggelam di perairan Karimun Jawa, Minggu (13/10).

Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Muhammadun melalui Kepala Bidang Penanganan Bencana Achmadi mengatakan 11 orang warga Rembang Jateng ini telah diberikan pelayanan tempat beristrahat.

“Bantuan ini merupakan bagian dari upaya tanggap darurat yang dilakukan pemerintah daerah untuk memastikan para korban mendapat pertolongan dan dukungan yang mereka butuhkan,” kata Achmadi, Banjarmasin Senin (14/10/2024).

Achmadi menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan meliputi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, serta layanan kesehatan, tempat penampungan sementara serta psikososial akibat trauma.

“Kami segera menurunkan tim untuk memberikan bantuan kepada para ABK yang selamat dan memastikan mereka mendapatkan penanganan yang layak, baik dari segi fisik maupun psikologis. Kami juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk menangani korban yang mengalami cedera,” ungkapnya.

Dipaparkan Achmadi, menurut laporan yang diterima pihaknya, kapal yang membawa sejumlah ABK tersebut tenggelam akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Dirinya pun memastikan bahwa mereka akan terus memantau perkembangan kondisi para ABK dan siap memberikan bantuan lanjutan jika diperlukan dan menunggu pihak perusahaan ikan dalam beberapa hari kedepan.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat dan juga para nelayan agar meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca yang kurang bersahabat dan memastikan setiap kapal yang berlayar sudah mematuhi prosedur keselamatan yang ditetapkan,” ucapnya.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan para korban bisa segera pulih dan melanjutkan aktivitas mereka. Pemprov Kalsel berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi darurat seperti ini. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai