Disambut Pengalungan Bunga, Kontingen NPCI Kalsel Raih Peringkat 7 Peparnas Solo

Kontingen atlet NPCI Provinsi Kalimantan Selatan, tiba di Bandara Syamsudin Noor disambut pengalungan bunga oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan dan jajaran serta pengurus NPCI Kalsel usai berjuang pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Ke XVII tahun 2024 Solo.

Dengan total medali yang berhasil dikumpulkan atlet paralimpik Kalsel berjumlah 126 medali, kontingen NPC Kalsel berhasil menduduki peringkat ketiga, akan tetapi secara klasemen NPC Kalsel tertahan di peringkat ke 7.

Ketua NPCI Kalsel, Sumansyah mengaku kurang puas dengan perolehan kontingen NPC Kalsel yang bertanding pada Peparnas 2024 di Solo, karena menurutnya sebelumnya NPC Kalsel berada di peringkat ke empat harus turun ke peringkat ke tujuh.

”Kita sudah disoroti untuk cabor renang dan atletik sangat ditakuti, kemungkinan sedikit dipikirkan dan diperhitungkan sama provinsi lain untuk menutup nomer andalan NPC Kalsel,” ujar Sumansyah di Bajarbaru, Senin (14/10/2024).

Ia mengungkapkan, kedepan akan melakukan evaluasi dan diharapkan masing-masing cabor untuk menanamkam atletnya untuk tidak hanya mengumbar janji-janji manis.

”Jangan seperti berjual kecap cuma hanya janji-janji manis tapi kenyataannya. Permintaan selangit tapi emas menjerit,” ungkapnya.

Ia mengakui, secara total tingkat medali NPCI Kalsel berada di tiga besar, akan tetapi perolehan emas lebih sedikit dibanding kontingen dari provinsi lain.

”Memang untuk diperingkat emas kita peringkat 7 tapi untuk total keseluruhan medali kita di peringkat 3 tapi syukur Alhamdulillah masih bisa untuk memberikan yang terbaik bagi Banua pada Papernas Solo 2024,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Diauddin mengucapkan terimakasih kepada para atlet NPC yang telah berjuang pada Papernas Solo 2024.

”Alhamdulillah, tetap kita syukuri peringkat ke tujuh dengan jumlah medali keseluruhan tiga besar, cuma ada beberapa aturan baru yang membuat beberapa perolehan medali kita yang harusnya kita andalkan untuk mendapatkan medali emas tidak bisa menambah,” katanya.

Ia berharap, dengan melihat perolehan medali, memang perhitungan dilihat dari medali emas, perak dan perunggu, akan tetapi yang dihitung untuk susunan klasemen, medali emas yang diutamakan, kemudian perak dan perunggu.

”Tapi sekali lagi kita tetap mensyukuri hasil ini dan kita ucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh atlet kita. Mudah-mudahan lebih semangat lagi untuk berlatih, ini sebagai dorongan semangat agar lebih baik lagi di event selanjutnya,” pungkasnya.

Adapun rincian medali yang berhasil dikumpulkan Kontingen Kalsel yakni, 24 emas 43 perak dan 59 perunggu menduduki peringkat ke-3 secara pengumpulan medali terbanyak di bawah tuan rumah Jawa Tengah yang mengumpulkan 404 medali disusul Jawa Barat dengan total 354 medali. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai