Banjir di Kabupaten Banjar, Pemprov kalsel Berikan Kebutuhan Dasar Masyarakat

Pendirian dapur umum oleh Dinas Sosial Provinsi Kalsel.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial membuka dapur umum lapangan di kantor Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar yang terdampak banjir sejak Selasa (11/1/2022).

Analis Kebijakan Bencana Dinas Sosial Prov Kalsel, Achmadi mengatakan dapur umum tersebut bekerja sama dengan Dinsos Kabupaten Banjar menyiapkan 1.500 paket makanan siap saji setiap kali makan, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar penyintas banjir di Kabupaten Banjar.

“Gubernur Kalsel memerintahkan Tagana Kalsel turun tangan mengambil langkah penanganan secara progresif. Di Kecamatan Simpang Empat didirikan dapur umum dan posko bantuan nantinya kita salurkan dibeberapa titik yang parah termasuk Kecamatan Pengaron dan Sei Pinang,” kata Achmadi, Kab Banjar, Rabu (12/1/2022).

Dijelaskan Achmadi, di Kecamatan Simpang Empat sebanyak 5.000 lebih jiwa terdampak banjir serta di Kecamatan Pengaron terdapat 15.000 jiwa yang terdampak.

“Pemprov Kalsel sudah melakukan langkah progresif dalam mengisi 3 lokasi lumbung sosial beberapa waktu lalu yaitu di Martapura Barat, Martapura Timur dan juga di Sungai Tabuk yang siap di salurkan para Camat,” tambah Achmadi.

Selain makanan, pihaknya juga menyiapkan tempat tidur, matras, family kid, kid ware, food ware untuk para masyarakat yang terdampak dimana nantinya akan berkoordinasi dengan Camat Simpang Empat.

“Untuk obat-obatan kewenangan ada di Dinas Kesehatan. Kami menyiapkan kebutuhan dasar termasuk air bersih dengan menggunakan water treatment. Kita juga menyiapkan 3 mobil RTU, 2 perahu karet bermesin, alat vertical rescue dengan personil 15 orang,” tandasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai