Kalsel Expo 2024, Diskominfo Sosialisasikan Media SIPU Kepada Pengunjung

Momen kemeriahan Kalsel Expo 2024 dimanfaatkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk mensosialisasikan Media Sinergitas Informasi Publik (SIPU) kepada pengunjung yang datang.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan Media, Heni Setiawati mengatakan SIPU adalah sebuah platform informasi yang berkomitmen untuk menyajikan berita, analisis, dan wawasan yang kredibel serta relevan bagi masyarakat.

SIPU juga diperuntukan sebagai penghubung antara publik, pemerintah, dan berbagai pemangku kepentingan, dengan tujuan untuk membangun sinergi yang kuat dalam penyebaran informasi.

“SIPU berisi berbagai konten menarik tentang perkembangan terbaru di berbagai sektor, termasuk kebijakan publik, sosial, ekonomi, dan teknologi. Juga membuka ruang bagi masyarakat untuk terlibat lebih jauh, baik melalui kolaborasi, partisipasi dalam diskusi, maupun akses ke materi-materi eksklusif yang disajikan,” kata Heni, Banjarbaru, Jum’at (20/9/2024).

Heni menuturkan di era informasi yang berkembang pesat, kebutuhan akan akses berita dan informasi yang akurat, transparan, serta terpercaya semakin mendesak.

Banyaknya saluran informasi yang ada sering kali menciptakan kebingungan di tengah masyarakat, di mana berita hoaks, opini yang tidak terverifikasi, serta informasi yang tidak valid mudah menyebar.

“Di sinilah peran media yang kredibel menjadi sangat penting untuk menjaga kualitas informasi yang diterima oleh publik. Kami berupaya memberikan informasi yang terverifikasi, netral, dan berdampak positif bagi masyarakat luas. Sinergi antara sektor publik dan berbagai elemen masyarakat diharapkan dapat terbentuk melalui media ini, sehingga setiap informasi yang disampaikan dapat memperkuat pemahaman publik mengenai isu-isu penting.

Lebih jauh Heni menjelaskan, SIPU juga bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi masyarakat dengan menyediakan ruang bagi pembaca untuk memahami kebijakan publik, dinamika sosial, perkembangan teknologi, serta isu-isu lain yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

“Dengan demikian, media ini tidak hanya berfungsi sebagai penyampai berita, tetapi juga sebagai katalisator sinergi positif antara berbagai pihak demi membangun masyarakat yang lebih cerdas dan terinformasi,” tuturnya.

Hal tersebut menjadi motivasi utama dibalik pembuatan Media Sinergitas Informasi Publik, dengan fokus pada peran penting media dalam menyebarkan informasi yang berkualitas dan membangun sinergi di masyarakat.

Menyampaikan kompilasi berbagai informasi dari berbagai stakeholder dan pemangku kepentingan yang diharapkan dapat menyajikan informasi yang berkualitas dan membangun sinergi masyarakat

“Dengan adanya SIPU diharapkan dapat berperan dalam membangun masyarakat yang lebih terinformasi dan terhubung,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai