Dua Periode Kepemimpinan Paman Birin, Disdikbud Kalsel Cetak Berbagai Prestasi

Dua periode kepemimpinan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor (Paman Birin) telah banyak membawa kemajuan di Kalimantan Selatan tidak terkecuali di Sektor Pendidikan dan Kebudayaan.

Paman Birin dengan visi Kalsel Maju (Kalimantan Selatan Makmur, Sejahtera, dan Berkelanjutan), telah banyak mendorong pembangunan di dunia pendidikan dan kebudayaan Kalimantan Selatan telah mendapatkan bayak penghargaan serta prestasi untuk Banua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun menerangkan selama masa jabatan beliau banyak prestasi yang telah diraih pada sektor pendidikan diantaramya penghargaan Ki Hajar Award, Penghargaan Daerah Jawara Belajar.id serta Anugerah Merdeka Belajar.

“Beliau (Paman Birin) sangat mendorong kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Selatan, tidak hanya dari sisi akademik melainkan juga dari sisi non akademik,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (10/9/2024).

Penghargaan ini menunjukan komitmen Paman Birin dalam menjalankan kemajuan pendidikan untuk generasi muda di Kalimantan Selatan.

Dirinya mengungkapkan Ki Hajar Dewantara Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah atas prestasi dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan kebudayaan Kebijakan, Fasilitasi sumber daya, Program inovasi peningkatan kualitas pendidikan, Kemudian Jawara Belajar.id ialah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI kepada daerah yang berhasil melaksanakan transformasi pembelajaran yang mana penghargaan ini diberikan kepada daerah yang berhasil memanfaatkan akun belajar.id.

Selain itu, Anugerah Merdeka Belajar merupakan apresiasi yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan membuat aksi nyata dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan.

Pihaknya menerangkan, Tidak hanya di Dunia Pendidikan, selama masa jabatan Paman Birin sudah banyak prestasi yang didapat sektor kebudayaan diantaranya Warisan Budaya TakBenda Kalsel masuk ke dalam Warisan Budaya TakBenda Indonesia serta Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal Sasirangan Kalsel.

“Dengan berbagai penghargaan yang telah diraih Diksdikbud Prov. Kalsel menjadi pemacu dan memotivasi untuk terus berkembang untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan di Kalimantan Selatan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai