Pemprov Menilai Transformasi Sungai Barito menjadi Destinasi Wisata Terdepan di Kalsel Jadi Langkah Relevan Perkuat Ekonomi Berbasis Wisata

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor menilai transformasi sungai Barito menjadi Destinasi Wisata terdepan di Kalsel merupakan sebuah langkah yang relevan dan tepat untuk meningkatkan potensi daerah serta memperkuat ekonomi berbasis wisata.

Hal tersebut disampaikan Sahbirin diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur pada Focus Gorup Discussion (FGD) Transformasi Sungai Barito menjadi Destinasi Wisata terdepan di Kalsel yang diinisiasi oleh PT. Ambang Barito Nusapersada (Ambapers) di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Senin (26/8/2024).

Agus mengatakan FGD ini merupakan bentuk komitmen dari berbagai pemangku kepentingan untuk merumuskan konsep dan rencana yang matang, sehingga pengembangan Sungai Barito dapat berjalan secara optimal dan berkelanjutan.

“Kita harus melihat Sungai Barito sebagai pusat dari berbagai potensi pariwisata. Dengan memperkaya daya tarik dan fasilitas yang ada kita bisa menjadikan Sungai Barito sebagai magnet wisatawan lokal maupun internasional, serta membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,” kata Agus.

Dia juga menekankan, bahwa dalam pemgembangan pariwisata tidak boleh mengorbankan kelestarian lingkungan dan nilai-nilak budaya warisan para leluhur.

Setiap pemangku kepentingan, lanjutnya juga harus memastikan setiap langkah yang diambil selalu mempertimbangkan dampak jangka panjang bagi generasi mendatang.

“Mari kita jadikan Sungai Barito sebagai kebangaan kita, bukan hanya sebagai destinasi wisata terdepan, tetapi juga sebagai simbol dari kemajuan dan keharmonisan masyarakat Kalsel,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai