Pemprov Kalsel Bersama Telkomedika Bersinergi Turunkan Kasus Meningitis

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Telkomedika bersinergi dalam menurunkan kasus meningitis di Kalimantan Selatan salah satunya dengan memberikan sosialisasi kewajiban vaksin meningitis bagi jamaah umroh.

Direktur Utama Telkomedika, Dicky Anfiadi menuturkan sosialisasi untuk menginformasikan kebijakan vaksinasi meningitis kepada jamaah, penyelenggara ibadah haji dan umrah, dan fasilitas pelayanan kesehatan.

“Ini merupakan salah satu langkah kami untuk berkolaborasi dengan Pemerintah sebagai upaya meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi meningitis untuk kesehatan,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (20/8/2024).

Lanjut Ia mengungkapkan, sosialisasi kali ini mengundang para travel umroh yang ada di Kalimantan Selatan untuk mengarahkan kepada jamaahnya yang membutuhkan vaksin meningitis sebelum melakukan ibadah ke Tanah Suci.

“Sosialisasi ini merupakan bagian dari komitmen Telkomedika untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, salah satu pemateri tentang pencegahan meningitis dan flu, Muthia Anggraeni menerangkan vaksin ini sangat berdampak baik bagi para jemaah umroh.

“Apabila jemaah berangkat dengan sehat, maka pulangnya pun harus sehat juga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Chaliq mengungkapkan sosialisasi ini memiliki makna yang sangat penting, khususnya bagi calon jemaah Umrah.

“Vaksin meningitis bukan hanya sekedar syarat administratif, tetapi juga langkah preventif untuk melindungi kesehatan para jamaah selama menjalankan ibadah di Tanah Suci,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua Tim Tusi Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalsel, Edy murdianto mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kolaborasi pemerintah dengan telkomedika bagian dari kaitan pelaksanaan ibadah haji maupun umroh.

“Sebab salah satu yang harus disiapkan jemaah ialah bagaimana mereka menjaga kondisi kesehatan para jemaah salah satunya vaksinasi meningitis,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai