Selesai Pembangunan, SPAM Regional Banjarbakula Miliki Kapasitas 500 Liter Per Detik

Suasana konstruksi tahap II SPAM regional Banjarbakula kapasitas 500 liter per detik di Banjarbaru, Selasa (10/5/2022). MC Kalsel/tgh

Selesainya pembangunan tahap II SPAM regional Banjarbakula kapasitas 500 liter per detik ini mampu mengairi 40.000 sambungan rumah di tiga wilayah layanan, yaitu Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Kota Banjarbaru.

“Jadi jika kapasitas 500 liter per detik telah dapat beroperasional dan mampu mengembangkan serta meningkatkan pelayanan masyarakat di wilayah Banjarbakula,” kata Kepala Balai Pengelolaan Air Minum (BPAM) Banjarbakula, Muhammad Berty Nasir, melalui Konsultan Individual Pengelolaan Air, Ahmad Suriansyah di Banjarbaru, Selasa (10/5/2022).

Menurutnya, pembangunan tahap II SPAM Regional Banjarbakula telah selesai di akhir tahun 2021 kemaren. Namun hingga saat ini, bangunan berkapasitas 500 liter per detik itu belum dapat dioperasikan. Karena belum adanya serah terima dari pihak Kementrian PUPR kepada Pemprov Kalsel.

Kendati demikian, Suriansyah mengaku SPAM Banjarbakula tahap II tersebut, akan segera beroperasi melalui pengoperasionalan sementara oleh Kementrian PUPR kepada Pemprov Kalsel, yang direncanakan dimulai pada pekan depan. 

Jika tahap II tersebut sudah beroperasional, maka sebanyak 350 liternya akan didistribusikan ke PDAM Intan Banjar. 

“Total distribusi kepada PDAM Intan Banjar nantinya sebesar kurang lebih 600 liter per detik,” tuturnya.

Oleh karena itu, dengan tambahan kapasitas sebesar 500 liter per detik, membuat total kapasitas yang dapat dihasilkan oleh SPAM Banjarbakula mencapai 750 liter per detik. 

Bahkan pada saat dilakukan uji coba pada Desember 2021 lalu, Suriansyah mengakui, konstruksi tahap II masih perlu disempurnakan lagi. 

“Kita sudah lakukan uji coba, namun masih perlu disempurnakan. Mungkin sambil beroperasi nanti, kita benahi agar mampu meningkatkan pelayanan air bersih memasyarakat,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai