Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perindustrian (Disperin) mendorong pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk bisa memanfaatkan manajemen pemasaran digital secara online agar bisa berdaya saing.
“Maka dari itu, hari ini kita laksanakan pelatihannya agar bisa meningkatkan keterampilan berwirausaha dan memberikan pemahaman tentang proses bisnis secara menyeluruh,” kata Kepala Disperin Provinsi Kalsel, Abdul Rahim, di Banjarmasin, Senin (22/7/2024) sore.
Rahim mengatakan, bahwa sistem manajemen pemasaran digital membantu perusahaan baik perorangan ataupun IKM yang berguna untuk meningkatkan visibilitas dengan strategi pemasaran yang terkoordinasi dan efektif di berbagai kanal online.
“Dengan menggunakan sistem ini, maka IKM dapat memperluas jangkauannya sehingga dapat menarik perhatian target pasar potensial dan membangun kesadaran merek,” ungkap Rahim.
Selain itu, pemasaran digital juga sangat membantu dan memudahkan bisnis dalam mengikuti perkembangan pemasaran dengan mengamati reaksi konsumen.
“Berbagai macam cara untuk memudahkan konsumen dalam mencari informasi yang dibutuhkan dari suatu produk yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membelinya,” tutur Rahim.
Rahim pun menyebutkan, pelaku IKM itu berperan menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan. Hal ini mencakup dengan menentukan produk yang akan dijual, memutuskan harga produk, tempat usahabdan promosi yang akan dilakukan dari digital marketing dalam pengembangan usahanya. MC Kalsel/Ar