KPU Sosialisasikan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kalsel, Nida Guslaili Rahmadina mengatakan melalui kegiatan ini pihaknya ingin menginformasikan terkait tahapan dan jadwal, serta pelaksanaan rangkaian kegiatan yang saat ini sedang berlangsung.

“Kami ingin para peserta khususnya dari partai politik mengetahui bagaimana syarat calon dan pencalonan sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) 8 tahun 2024, sehingga pada saat pendaftaran pada tanggal 27, 28, dan 29 Agustus nanti berjalan lancar,” kata Nida, Banjarmasin, Selasa (16/7/2024).

Lebih jauh Nida menjelaskan, saat ini KPU Kalsel telah melaksanakan tahapan pencocokan dan penilitan (coklit) data pemilih sebagai salah satu rangkaian persiapan penyelenggaraan Pilkada nanti.

“Untuk coklit sudah kita mulai dari tanggal 24 Juli sampai 24 Juni. Data pemilih tersebut nantinya akan direkapitulasi secara berjenjang muai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, hingga nantinya akan di rekap dan di validasi oleh KPU se kabupaten/kota provinsi Kalsel,” tuturnya.

Dia berharap melalui sosialisasi ini masyarkat dan peserta pemilihan dari partai politik bisa intens dalam mengawal proses penyelenggaraan Pilkada ini.

“Kita ingin masyarkat dan juga parpol bisa lebih intens dalam mengawal proses ini. Jika ada informasi yang masih belum jelas selama sosialosasi ini bisa langsung datang ke help desk di Kantor kami,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai