Rumuskan Kebijakan Penguatan Pendidikan Vokasi, Pemprov Kalsel Gelar Diskusi Terpumpun Kemitraan Daerah

Dalam rangka penguatan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Diskusi Terpumpun Kemitraan Daerah Untuk Perumusan Kebijakan dalam Rangka Penguatan Pendidikan Vokasi Di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembagunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Ariadi Noor melalui Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Rahmiyanti Janoezir P menuturkan kegiatan ini untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam implementasi dan menyusun rencana aksi yng konkrit dan terukur untuk penguatan pendidikan vokasi.

“Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kini menjadi agenda prioritas nasional dan dilakukan salah satunya melalui revitalisasi pendidikan vokasi,” ucapnya, Banjarbaru, Rabu (10/7/2024).

Pihaknya menerangkan, pendidikan vokasi memegang peranan penting dalam menciptakan sdm yng kompeten dan siap kerja, yang pada gilirannya akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi tingkat pengangguran di banua.

Lanjut, dari Perpres No 68 Tahun 2022 Tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi menekankan bahwa peningkatan revitalisai melalui penyelarasan kurrikulum dengan kebutuhan industri peninjauan pendidik yang berkualitas serta penguatan koordinasi antara pusat dan daerah.

“Dalam hal ini, Tim Koordinasi Daerah Vokasi memiliki peran yng sangat strategis dalam tanggung jawab dan menyusun perencanaan serta kebijakan untuk pengembangan pelatihan vokasi,” tuturnya.

Selain itu, menurut data BPS tingkat pengangguran terbuka di kalsel pada lulusan smk tertinggi dari pendidikan lain yaitu 9.96 persen, SMA 8,26 persen, SMP 4.23, Diploma/Sarjana 4.41. Ini menunjukan adanya kebutuhan mendesak untuk menyeleraskan pendidikan vokasi dan dunia kerja, agar bisa terserap dengan baik di pasar kerja.

Untuk itu dirinya berharap, melalui kegiatan ini Pemprov Kalsel dapat mengoptimalkan angka pengangguran dan menyiapkan daya saing di daerah.

“Mari kita sama – sama bekerja dan berkolaborasi demi kemajuan pendidikan vokasi di banua kita tercinta,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai