Tiba di Kalsel, Karateka Kalsel Raih Juara Umum Pada Asean University Games 2024

Tiba di Bandara Syamsudin Noor, Karateka Kebanggaan Banua, Muhammad Afif Lubis, atlet Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kalimantan Selatan (Kalsel) beserta rombongan pelatih dan official disambut Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pengurus Forki Kalsel.

Penyambutan langsung dilakukan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi dan Pengurus Forki Kalsel kepada rombongan atlet cabang olahraga karate yang berhasil meraih juara umum pada ajang Asean University Games (AUG) 2024 di Surabaya.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian serta keberhasilan dalam mengharumkan Kalimantan Selatan pada ajang bergengsi,”kata Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Kebid Pengembangan Prestasi Olahraga, Heru Susmianto didampingi Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Budiono, Senin (8/7/2024).

Sementara itu, Pelatih Forki Kalsel, Ahmad Riza mengatakan, capaian dan hasil yang luar biasanya ini diperoleh setelah atletnya berhasil melewati berbagai seleksi baik di provinsi maupun nasional.

“Alhamdulillah dengan perjuangan dan dukungan semua pihak pencapaian itu bisa kita rasakan. Euporia kebahagian buat karate, karena ini sejarah paling luar biasa dari tahun-tahun sebelumnya,”ujarnya.

Ia menuturkan, sebelum masuk final ada tiga pertandingan yang dihadapi yaitu bertanding melawan atlet dari Malaysia dan Thailand.

“Kita akui, Thailand merupakan persaing yang paling berat karena atlet sudah memiliki rank di internasional, sedangkan Afif baru pertama kali masuk, kita sempat ketar-ketir juga, namun akhirnya kita berhasil dan di final bertemu Indonesia juga,”ungkapnya.

Adapun, Atlet Forki Kalsel yang berhasil meraih medali perak komite perorangan kelas 75Kg, Muhammad Afif Lubis mengungkapkan, ke depan untuk mempersiapkan ajang-ajang berikutnya salahsatunya PON, dirinya akan lebih giat latihan untuk menambah kekurangannya selama ini.

“Ke depan berlatih lagi tentang materi kecepatan dan kekuatan serta timing pada saat menembak pukulan ke lawan,” kata mahasiswa Politeknik Tanah Laut semester 6.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi serta Forki Kalimantan Selatan yang telah memberikan dirinya ksempatan dan berjuang meniti karir mulai ajang lokal, nasional hingga internasional. 

“Terima kasih kepada semua, mentor dan lainnya  yang telah mendukung terlebih kepada Gubernur sekaligus Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atas dukungan dan semangatnya kepada karateka banua,”pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai