Pemprov Kalsel Dukung Penuh Swasembada Daging Untuk Penyangga IKN

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yaitu UPTD Balai Inseminasi Buatan (BIB) Disbunnak Kalsel mendukung penuh swasembada daging sebagai penyangga pangan gerbang IKN dengan mendorong optimalisasi reproduksi melalui distribusi semen beku dan nitrogen (N2) cair ke Kabupaten/Kota sebagai aksi nyata meningkatkan populasi sapi di Kalsel.

Hal tersebut disampaikan Kepala BIB Disbunnak Kalsel, Sasongko Nugroho saat ditemui di kantornya, Banjarbaru, Senin (8/7/2024). Pada tahun 2023, Balai inseminasi buatan mendapat Sertifikat SNI dari lembaga sertifikasi produk dan benih Kementan untuk sapi madura sebanyak dua ekor

“Dua ekor sapi madura bersertifikasi tersebut merupakan salah satu inovasi yang dilaksanakan BIB di tahun 2024 dengan menyalurkan 7.000 semen beku di Kalimantan Selatan,” katanya.

Ditambahkannya, di Kalimantan Selatan, straw semen beku sapi madura itu juga disalurkan ke Kalimatan Timur dan Jawa Timur.

Selain itu, penyaluran semen sapi madura ini sebagai salah satu upaya untuk pencegahan penyakit jembrana yang ada pada sapi. Yang mana apabila sapi Bali ini dikawinkan silang dengan sapi madura maka keturunannya tidak akan terjangkit penyakit jembrana.

“Ke depan, BIB Kalsel akan menambah 2 ekor sapi madura yang akan langsung dibeli di Provinsi Jawa Timur,” ujarnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai