Tanamkan Cinta Museum Kepada Generasi Alpha Dengan Lomba Mewarnai

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakaan lomba mewarnai sebagai wujud dalam menanamkan cinta museum kepada generasi Alpha.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati menuturkan lomba kali ini pihaknya mengangkat tema “museum di hati ku”.

“Ini sebagai wujud Pemprov Kalsel dalam menanamkan cinta museum sejak dini kepada generasi yang nantinya menjadi penerus bangsa,” ucapnya, Banjarmasin, Minggu (23/6/2024).

Untuk itu, dirinya berharap dengan perlombaan ini para peserta nantinya dapat lebih mencintai museum. Karena museum ada peninggalan sejarah dan budaya yang harus kita jaga dan menjadi sumber belajar.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Arry Risfansyah menambahkan perlombaan ini merupakan salah satu rangkaian dari pameran temporer yang kami laksanakan mulai tanggal 20 hingga 25 Juni di halaman Museum Wasaka.

Pihaknya bersyukur, antusias masyarakat dalam mengikuti lomba mewarnai cukup tinggi yang mana total peserta kali ini sebanyak 75 orang dari usia 7 hingga 8 tahun.

“Selama perlombaan berlangsung para peserta mendapatkan fasilitas berupa crayon, meja gambar serta media gambar,” tuturnya.

Selain itu, ada tiga juri yang akan menilai hasil dari mewarnai para peserta yaitu dari Ketua Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS) Muslim Anang Abdullah, Ketua Bidang Seni Rupa DKKB, Endro Budi Raharjo dan Anggota IPKS, Suci Melati.

“Mereka nantinya akan menilai dari segi komposisi, kreatifitas dan kerapian,” terangnya

Salah satu juri lomba mewarnai, Muslim Anang Abdullah mengatakan hasil dari lomba kali ini para peserta memiliki kreatifitas yang merata di tiga komponen penilaian dari tahun sebelumnya.

Dirinya pun berharap bakat yang dimiliki oleh peserta bisa terus ditingkatkan sehingga melahirkan penerus pelukis di kalimantan selatan.

“Semoga bisa menghasilkan bibit – bibit baru pelukis di banua kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, juara pertama pertama lomba mewarnai Nur Fitri Khalisa dengan nilai 406 Poin. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai