Perkenalkan Sejarah Perjuangan Kalsel Melalui Lomba Petilan Drama

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaimantan Selatan menyelenggarakan lomba petilan drama dalam rangka memperkenalkan sejarah perjuangan Kalimantan Selatan.

Lomba Petilan Drama diselenggarakan di halaman Museum Waja Sampai Kaputing (WASAKA), Kota Banjarmasin mulai pukul 20.00 Wita dari tanggal 21 hingga 22 Juni 2024.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati mengungkapkan kegiatan ini merupakan promosi kepada masyarakat dalam mengenalkan sejarah perjuangan masyarakat dalam mempertahankan Kalimantan Selatan.

“Pengenalan sejarah kali ini menggunakan seni drama,” ucapnya, Banjarmasin, Jumat (21/6/2024).

Lebih lanjut, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Arry Risfansyah pada lomba kali ini ada 11 grup terdiri dari pelajar, mahasiswa maupun umum yang ikut memeriahkan perlombaan ini.

Pihaknya mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan pameran temporer dengan mengenalkan museum wasaka, yang mana berisi sejarah perjuangan revolusi fisik Kalimantan Selatan.

“Kami ingin mengenalkan sejarah – sejarah perjuangan para pejuang yang pada zaman tersebut mampu bertumpah darah untuk mendapatkan kemerdakaan,” terangnya.

Sementara itu, salah satu juri lomba petilan drama, Muhammad Syahril M Noor menerangkan ada berbagai aspek yang akan dinilai pada petilan drama kali ini diantaranya artistik, teater, sejarah serta segi jurnalistik.

“Yang pasti dari penampilan para peserta diinginkan bisa memberikan informasi yang jelas mengenai sejarah – sejarah perjuangan revolusi fisik Kalimantan Selatan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai