Tingkatkan Produk Kerajinan, Dekranasda Kalsel Ikut Serta Pada Program Bela Negara

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam hal ini Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) turut berpartisipasi dengan membuka stan pameran produk kerajinan daerah pada Program Bela Negara Selebrasi Pancasila yang dilaksanakan 21 hingga 23 Juni 2024, di halaman SMA Negeri 8 Banjarmasin.

“Hal ini sesuai arahan Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah (Acil Odah) agar kami memiliki peran penting dalam memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi untuk peluang usaha,” kata Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran, Hasbullah mewakili Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah, Banjarmasin, Kamis (20/6/2024).

Hasbullah menyampaikan, pihaknya besok itu akan memaksimalkan dalam mempromosikan produk kerajin daerah seperti sasirangan, kerajinan purun, rotan, batu permata dan lainnya dengan melibatkan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Tidak hanya produk kerajinan yang ditampilkan tetapi ada juga stan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel dan Kamar Dagang dan Industri Provinsi Kalsel dengan keunggulannya masing-masing,” ungkap Hasbullah.

Hasbullah menyebutkan, memang produk kerajinan yang diikutsertakan telah diseleksi agar dalam mempromosikan produk kerajinan bisa diminati banyak pihak.

“Kami ingin dengan mempromosikan produk kerajinan bisa lebih memperluas jaringan pasar sehingga mampu bersaing dengan produk nasional,” tutur Hasbullah.

Lebih jauh Hasbullah pun mengungkapkan, Pemprov Kalsel sudah berupaya dalam memajukan produk unggulan daerah, terutama dengan bisa mengekspor produk agar pendapatan para perajin bisa meningkat.

“Jadi kami hanya mempromosikan saja, seperti ikut serta dalam pameran dan di Kantor Dekranasda. Selebihnya itu, Dinas terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Dinas Koperasi Usaha, Kecil dan Menengah dalam memasarkan produk daerah agar bisa diminati pasar domestik dan pasar ekspor,” jelas Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai