Dinas Koperasi dan UKM Kalsel : Pendataan KUMKM Kalsel Dilakukan Bertahap

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai (kiri) bersama Kepala BPS Kalsel, Yos Rusdiansyah mengikuti Rapat Teknis Data Tunggal Koperasi dan UMKM Tahun 2022 di salah satu hotel di Banjarmasin, Kamis (21/4/2022). MC Kalsel/Fuz

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan melaksankan Rapat Teknik Data Tunggal Koperasi dan UMKM Tahun 2022 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Banjarmasin.

Hal ini terkait dengan pendataan KUMKM di Kalimantan Selatan untuk Tahun 2022 yang akan dilakukan bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel.

“Jadi hasil pembahasan dari Kementerian Koperasi untuk Tahun 2022 ini, kita mendapat jatah 5 kabupaten/kota, yakni Banjar, Banjarmasin, Tanah Laut, HSS dan Kotabaru,” sebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor RifaiĀ , Kamis (21/4/2022).

Pada rapat teknis dilakukan persiapan dengan menghadirkan stakeholder terkait dari kelima daerah yang akan di data tersebut.

“Jumlah KUMKM yang akan disensus itu ada sekitar 204.000 dengan jumlah petugas sebanyak 408 dari setiap masing masing Kabupaten/Kota,” lanjutnya.

Pendataan ini dilakukan sehingga nantinya diperoleh data tunggal dan keperluan dari multi sektor bisa mengambil atau menggunakannya.

“Ini dilakukan bertahap. Tahun 2023 nanti kita usul kembali untuk 8 kabupaten, sehingga data di Kalsel ini untuk KUMKM lengkap sebagai big data,” tutup Yanuar. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai