Tingkatkan Kesadaran akan Kekayaan Intelektual, Kanwil Kemenkum-HAM Kalsel Gelar Mobile Intellectual Property Clinic 2024

Guna meningkatkan ekonomi di Kalimantan Selatan (Kalsel) dibutuhkan kontribusi dari berbagai pihak, termasuk melalui ekosistem kekayaan intelektual yang baik. Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel melaksakan program Mobile Intellectual Property Clinic pada 2024, sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh elemen dari Ekosistem Kekayaan Intelektual akan pentingnya Kekayaan Intelektual dalam kehidupan masa kini dan masa depan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Taufiqurrakhman saat membuka acara Mobile Intellectual Property Clinic Tahun 2024 dengan tema “BERGERAK Memperkuat Identitas Budaya Kalimantan Selatan di Mata Dunia Melalui Indikasi Geografis” di Banjarmasin, Rabu (19/6/2024) malam.

Kegiatan Mobile IP Clinic ini juga dirangkai dengan acara sosialisasi, pemberian penghargaan, layanan konsultasi, talkshow, dan mini expo.

“Sasaran dari acara ini adalah membangun komitmen bersama untuk mendukung 2024 sebagai Tahun Indikasi Geografis, memperkenalkan produk-produk UMK yang telah terdaftar perlindungan Kekayaan Intelektualnya, dan memancing para investor pada ranah Kekayaan intelektual,” kata Taufiqurrakhman.

Kegiatan ini akan didukung oleh pemerintah daerah dan universitas sebagai pihak yang turut berpartisipasi dalam mendukung perkembangan layanan dan perlindungan Kekayaan Intelektual di Kalsel.

Selain itu, juga serahkan pemberian sertifikat Indikasi Geografis Kain Sasirangan Kalsel sebagai bentuk apresiasi dan perlindungan terhadap produk-produk lokal yang berpotensi besar. Mini expo oleh pegiat Usaha Mikro dan Kecil dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel sebagai upaya untuk menunjukkan kepada masyarakat betapa pentingnya Kekayaan Intelektual dalam meningkatkan ekonomi wilayah.

“Melalui kegiatan Mobile IP Clinic ini, diharapkan seluruh elemen dari ekosistem Kekayaan Intelektual dapat bersinergi dan menjadikan kekayaan intelektual sebagai pendorong ekonomi di wilayah. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta kemajuan ekonomi Kalsel,” ujar Taufiqurrakhman. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai