80 Pemuda Ikuti Pertemuan Antar Organisasi Se-Kalsel

Sebanyak 80 pemuda dari 25 organisasi mengikuti pertemuan antar Organisasi Kepemudaan (OKP) se Kalimantan Selatan (Kalsel) yang digelar oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalsel di Banjarmasin.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari dengan tujuan untuk menjalin kekompakkan antar organisasi kepemudaaan, sekaligus berdiskusi dan tukar pengalaman seputar program masing-masing organisasinya.

“Jadi kegiatan ini untuk saling bersilaturahmi antar organisasi kepemudaan di Kalsel,” kata Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Sekretaris Fathul Bahri, Rabu (12/6/2024).

Ia mengatakan pertemuan antar organisasi kepemudaan ini dapat menciptakan kerjasama dan kolaborasi antar organisasi maupun pemuda untuk menganalisa isu-isu sosial, ekonomi di daerah kita dan bahkan sebagai problem solving dari isu-isu tersebut.

“Dengan adanya kegiatan ini tentunya akan memberikan manfaat bagi kita semua. Karena kita dapat saling berbagi ilmu maupun pengalaman yang kita miliki dalam organisasi masing-masing untuk memajukan pembangunan di Kalsel,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pemuda, Muhammad Anugrah mengharapkan melalui kegiatan ini dapat menghasilkan generasi muda untuk mampu mengelola kegiatan organisasinya masing-masing.

“Jadi kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus OKP sebagai bakal calon pemimpin, serta yang paling utama adalah menjalin silaturahmi dan hubungan baik antar OKP,” kata Anugrah.

Ia mengatakan kegiatan ini juga salah satu upaya Pemprov Kalsel untuk meningkatkan Indeks Pembangunam Pemuda (IPP). Dimana Dispora Kalsel masuk pada domain ketiga yaitu kesempatan kerja dan partisipasi pemuda dalam berorganisasi.

“Jadi nanti para peserta diberikan materi terkait hal tersebut. Apalagi IPP Kalsel sebesar 50,33 persen yaitu peringkat 31 dari 34 provinsi di Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, Dispora Kalsel tidak henti-hentinya mengajak para pemuda untuk mau ikut berorganisasi dan kesempatan kerja. Bahkan pihaknya juga mempunyai program bantuan kewirausahaan pemuda.

“Jadi kita mempunyai bantuan bagi wirausaha muda untuk para pemuda di Kabupaten/kota sebesar Rp700 juta,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai