Pelatihan Kepemimpinan Administrator, Kepala Dishut Kalsel Sampaikan Program Kegiatan Pembangunan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam hal ini Dinas Kehutanan (Dishut) mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IX Tahun 2024 oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalsel.

PKA Angkatan IX yang diikuti dari Dishut Provinsi Kalsel, yaitu Kepala Bidang Planologi dan Pengelolaan Hutan, Beni Raharjo dan Kepala UPTD Balai Perbenihan Tanaman Hutan, Syarif Rachman dengan menyampaikan seminar rancangan aksi perubahan yang telah disusun.

Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra sebagai mentor dari PKA menyampaikan, pihaknya mendukung dari kedua rancangan aksi perubahan yang telah dipaparkan oleh kedua peserta Dishut Provinsi Kalsel yang telah sesuai dengan kebutuhan dari organisasi.

“Bahwa kedua rancangan aksi perubahan tersebut merupakan gambaran hulu dan hilir dari kegiatan Dishut Provinsi Kalsel,” kata Fathimatuzzahra, Banjarbaru, Selasa (11/6/2024).

Dijelaskan Fathimatuzzahra, dari sisi hulu aksi perubahan yang akan dilakukan adalah terkait optimalisasi pengelolaan data bibit dan survei kepuasan masyarakat melalui Sistem Informasi Bibit dan Survei Kepuasan Masyarakat (SI-BISKMA) yang mendukung program revolusi hijau Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menanam dan menanam untuk anak cucu nantinya.

“Sedangkan, dari sisi hilir aksi perubahan yang disusun terkait optimalisasi pemanfaatan hasil hutan melalui inkubator bisnis kreatif “Foresta” dapat mendukung masyarakat sejahtera sebagai goal dari semua program pembangunan Dishut Provinsi Kalsel,” ungkap Fathimatuzzahra.

Tidak hanya itu, pihaknya kedepannya juga akan mengembangkan program perhutanan sosial yang merupakan sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan di dalam kawasan hutan negara atau hutan adat oleh masyarakat setempat dalam meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya.

“Sehingga program perhutanan sosialbbisa memberikan legalitas pengelolaan hutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pengelola perhutanan sosial,” terang Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai