Tingkatkan PAD, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek Pengelola Manajemen Pasar

BATULICIN – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Pasar bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya pengelola pasar maupun koordinator pedagangnya.
Melalui Bimtek itu pula diharapkan dapat memicu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pasar, baik melalui  parkir di kawasan pasar maupun berbagai  retribusi dikawasan tersebut.
Hal itu dikatakan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan  Ir. H. Ridwan saat membuka  Bimtek Pengelolaan Manajemen Pasar di Hotel Hilmar Kecamatan Simpang Empat, Selasa (22/8).
Menurutnya, pasar dapat diartikan sebagai pintu gerbang yang menghubungkan masyarakat satu dengan lainnya.
Keberadaannya merupakan salah satu aset daerah dalam hal menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat.
Dia menambahkan, peningkatan PAD melalui sektor pasar juga bagian peran pengelola pasar bagaimana bisa menjaga situasi yang kondusif di pasar. Hingga pedagangnya mendapat rasa aman dan pembelinya pun demikian.
“Perputaran ekonomi  dipasar akan berjalan stabil jika ditunjang dengan optimalisasi manajemen pasar yang standar. Dengan harapan pengelola pasar benar benar menjalankan fungsinya dengan baik,” tutupnya.
Sementara itu kegiatan Bimtek di inisiasi Pemkab Tanbu melalui Dinas Perdagangan dan perindustrian Kab.Tanbu.  Kegiatan menghadirkan  Direktorat Sarana dan Logistik Kementerian perdagangan RI Anwar Rachmad, erta Kepala Perdagangan Propinsi Kalsel Birhasani.
Bimtek diikuti sejumlah pengelola pasar. Terdiri 5 pasar yang ada di beberapa Kecamatan diantaranya, pengelola  Pasar Pagatan, Pasar Satui, Pasar Simpang Empat, Pasar Bersujud dan Pasar Batulicin. (win)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan