Pemprov Kalsel Apresiasi Peresmian Dapur Umum, Klinik dan Gereja di Lapas Kelas IIB Banjarbaru

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi diresmikannya Dapur Sehat Labaru, Klinik Pratama Labaru dan Gereja Pniel sekaligus pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum-HAM Kalsel oleh Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum-HAM RI, Reynhard Silitonga.

Pembangunan dapur sehat, klinik pratama, maupun gereja pniel ini adalah bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan di Lapas Kelas IIb Banjarbaru.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Dyan Nur menyampaikan peningkatan fasilitas seperti dapur, klinik, maupun gereja ini adalah bukti nyata dari upaya bersama untuk mewujudkan lapas yang tidak hanya sebagai tempat pembinaan, tetapi juga sebagai tempat yang memberikan pelayanan kesehatan, spiritual, dan kesejahteraan yang layak.

“Kita menyadari bahwa lingkungan lapas merupakan bagian integral dari sistem peradilan yang lebih besar, dan oleh karena itu, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memastikan bahwa lingkungan ini harus mendukung rehabilitasi dan reintegrasi yang efektif bagi para penghuninya,” kata Dyan, Banjarbaru, Selasa (4/6/2024).

Dyan menyampaikan, ini adalah langkah konkret yang diambil untuk mewujudkan lapas yang humanis, berdaya guna, dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penghuninya.

“Kita semua terus mendukung upaya-upaya peningkatan fasilitas dan layanan di lapas. Saya juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berdedikasi dalam mewujudkan pembangunan,” ujar Dyan.

Dyan menyebut, dengan adanya dapur sehat, klinik pratama, dan gereja pniel ini akan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, menciptakan lingkungan yang lebih sehat, dan mendukung proses rehabilitasi para penghuni lapas dengan lebih optimal kedepannya. Pembangunan ini bukan hanya sebagai sebuah langkah dalam meningkatkan fasilitas, namun juga sebagai wujud komitmen bersama dalam memberikan pelayanan terbaik dan manusiawi bagi seluruh penghuni lapas. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai