Pemprov Kalsel Berikan Pelatihan Kejuruan Dalam Meningkatkan SDM

Kepala BLK Provinsi Kalimantan Selatan, Sayyid M. Yusfiansyah Al Azhmatkhan. Dok

Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Selatan terus bersinergi dengan Lembaga maupun Perguruan Tinggi adakan pelatihan.

Kepala BLK Provinsi Kalimantan Selatan, Sayyid M. Yusfiansyah Al Azhmatkhan mengungkapkan di tahun 2024 pihaknya ada melakukan beberapa kerja sama yaitu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan perguruan tinggi.

“Bentuk sinergi yang kami lakukan berupa pemberian pelatihan, sebagai peningkatan keahlian kepada masyarakat,” ucapnya, Banjarbaru, Jumat (31/5/2024).

Ia menjelaskan, sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan bahwa kerja sama ini untuk membantu masyarakat dengan memberikan peluang dalam mendapatkan tambahan pengetahuan serta keterampilan baru yang belum diajarkan. Selain melaksanakan pelatihan, para peserta juga nantinya akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) setelah melalui uji kompetensi.

“Sertifikat ini akan membantu para peserta untuk membuat perusahaan yang nantinya mereka masuki menjadi lebih tertarik,” ungkapnya.

Lanjut, di tahun ini ada beberapa kejuruan yang sangat diminati oleh masyarakat diantanyara otomatif, desain grafis dan menjahit.

Untuk itu, Sayyid pun berharap dengan sinergi yang telah dibangun ini bisa meningkatkan SDM masyarakat untuk bisa lebih kompeten.

“Sehingga akan sangat membantu untuk meminimalkan angka pengangguran di Banua kita,” ungkapnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai