Dislutkan Kalsel Gelar Pertemuan Finalisasi Data Statistik Perikanan Tangkap

Dalam rangka mewujudkan tata kelola data statistik perikanan tangkap yang lebih baik, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Pertemuan Finalisasi Data Statistik Perikanan Tangkap yang bertujuan untuk memastikan keabsahan data dan informasi statistik perikanan tangkap.

Hal ini dilakukan agar data yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan dan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan perikanan.

Pendataan statistik perikanan tangkap merupakan bagian dari Pengelolaan perikanan dengan semua upaya, termasuk proses yang terintegrasi dalam pengumpulan informasi, analisis, perencanaan, konsultasi, pembuatan keputusan, alokasi sumber daya ikan, dan implementasi serta penegakan hukum dari peraturan perundang undangan di bidang Perikanan, yang dilakukan oleh Pemerintah atau otoritas lain yang diarahkan untuk keabsahan data dan informasi statistik perikanan tangkap yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kepala Dislutkan Kalsel, Rusdi Hartono mengatakan Dalam pelaksanaan kegiatan validasi data statistik diharapkan kepada semua validator maupun backup validator agar menyiapkan Kerangka Survei berdasarkan Sumber Data (Pelabuhan, Non Pelabuhan dan PUD). Sumber Data Kerangka Survei dapat berasal dari data Dinas, Data KUSUKA atau data lain yang terkait dengan populasi  berdasarkan potensi perikanan yang dimiliki masing-masing kabupaten.

“Dalam kegiatan ini diharapkan untuk bersiap pada pendataan statistik tahun 2024 dengan Memastikan bahwa SK penunjukkan validator/enumerator sudah tersedia berdasarkan usulan dari masing-masing Kab/Kota dan Memastikan bahwa setiap nama validator/enumerator telah memiliki akun satu data untuk mengakses aplikasi dan web satu data,” kata Rusdi, Banjarbaru, Kamis (30/5/2024).

Tentu saja, hal-hal seperti itu tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan semua pihak yang terkait. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan akan memacu semua pihak yang terkait untuk berperan aktif dalam melaksanakan kepatuhan pendataan statistik perikanan tangkap. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai