BAZNAS Kalsel Terus Bergerak Melalui Program Kurban Berkah 1445 H

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus bergerak dalam program Kurban Berkah 1445 H. Salah satu fokus utama BAZNAS Kalsel adalah memastikan penyaluran hewan kurban tepat sasaran dan berkualitas.

Wakil Ketua II BAZNAS Kalsel, Gurdani Syukur menuturkan bahwa memprioritaskan daerah yang jarang menikmati hewan kurban untuk penyaluran daging kurban tahun ini.

Salah satunya beberapa titik desa di Batola menjadi target penyaluran hewan kurban. BAZNAS Kalsel memastikan bahwa daging kurban akan diterima dalam keadaan masih segar dan baik dengan membatasi jarak penyaluran tidak melebihi 30 KM dari pusat penyembelihan.

“Untuk daerah yang agak jauh, kami akan mengirimkan hewan kurban langsung ke daerah tersebut,” kata Gurdani, Banjarmasin, Kamis (30/5/2024).

Dia menambahkan pengalaman BAZNAS Kalsel dalam penyaluran hewan kurban pun terbilang istimewa. BAZNAS Kalsel pernah menjangkau daerah pegunungan Meratus di Hulu Sungai Tengah, Balangan, Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Banjar di Paramasan dan harus bermalam sebelum pelaksanaan penyembelihan.

“Namun, kami merasa bahagia sekali bisa berbagi dengan mereka yang benar-benar membutuhkan. Masyarakat sekitar pun sangat merasa terbantu dan diperhatikan karena BAZNAS Kalsel memberikan perhatian khusus kepada saudara yang jauh dari perkotaan,” jelasnya.

Selain fokus pada penyaluran, lanjut Gurdani, BAZNAS Kalsel juga menjalin kerjasama dengan beberapa SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel dalam pelaksanaan ibadah kurban.

“Kerja sama ini termasuk diantaranya dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan juga Dinas Sosial Provinsi Kalsel. Bahkan kerja sama juga terjalin dengan UPZ Bakti Bersama Hasnur Group,” ungkap Gurdani.

Sementara itu Kepala Bidang Pendistribusian BAZNAS Kalsel, Noor Huda Fikri menjelaskan bahwa kerja sama dengan kedua dinas tersebut telah berjalan selama beberapa tahun belakang ini.

“Dinas ini termasuk dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Kalsel yang rajin mengumpulkan infak dan mensupport kegiatan-kegiatan BAZNAS Kalsel,” jelas Huda.

Lebih jauh BAZNAS Kalsel masih membuka peluang bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang ingin menunaikan ibadah kurbannya melalui BAZNAS Kalsel. BAZNAS Kalsel memastikan bahwa penerima daging hewan kurban benar-benar disalurkan kepada yang berhak dan dikelola dengan baik.

“BAZNAS Kalsel menyediakan beberapa kemudahan bagi masyarakat yang ingin berkurban. Calon pekurban atau mudhohi bisa menitipkan ibadah kurbannya melalui kanal website resmi BAZNAS Kalsel di https://kalsel.baznas.go.id/kurban atau konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi di WA 0811 5133 613 dan memantau kegiatan BAZNAS Kalsel di @baznaskalsel,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai