Gubernur Kalsel Ingatkan Kerukunan Warga Maluku Dalam Perkuat Kebersamaan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Husnul Khatimah mengapresiasi pelaksanaan Syukuran HUT Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207 sekaligus Halal Bihalal Kerukunan Warga Maluku (KWM) Kalsel, di aula Makorem 101/Antasari, Banjarmasin, Sabtu (18/5/2024) malam.

Husnul menyampaikan, momentum ini sangat penting dalam mengenang jasa dan perjuangan salah satu pahlawan besar, yaitu Kapitan Pattimura dan perjuangannya bersama rakyat Maluku tidak hanya mempertahankan tanah kelahirannya tetapi menginspirasi semangat kebangsaan di seluruh Nusantara.

“Semangat juang dan pengorbanannya patut menjadi teladan bagi kita semua dalam membangun bangsa, termasuk di Kalsel,” kata Husnul.

Diutarakan Husnul, kisah heroik Kapitan Pattimura Dalam mempertahankan hak dan martabat bangsanya dari penjajahan memberikan pelajaran berharga tentang arti keberanian, keteguhan hati dan cinta tanah air.

“Sehingga semangat Kapitan Pattimura harus terus hidup dalam diri kita untuk melawan bentuk-bentuk penjajahan modern sekarang,” tutur Husnul.

Melalui Halal Bihalal, Husnul juga mengajak,
Kerukunan Warga Maluku Kalsel untuk saling membuka hati dan memaafkan satu sama lainnya dalam membawa kemajuan dan kesejahteraan warga Maluku.

“Di tengah keragaman suku, agama dan budaya serta kita harus terus menanamkan semangat persatuan dan kesatuan demi kemajuan bersama. Namun, kita harus selalu bersyukur atas keberagaman ini dan menjadikannya sebagai modal untuk pembangunan yang lebih baik,” ungkap Husnul.

Ketua Kerukunan Warga Maluku Kalsel, Frans Sinatra Huwae menambahkan, pihaknya berperan dalam membantu orang-orang yang mengalami kesulitan dan ada sekitar 1500 warga Maluku Kalsel tersebar di Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Kedepannya kami akan memajukan Kerukunan Warga Maluku di Kalsel dan keberadaannya dapat memberi sumbangsih yang besar bagi warga Banua,” ungkap tutur Frans.

Sementara itu, Pengurus Kerukunan Warga Maluku Kalsel, Mia Lestaluhu yang juga Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan, dengan tema “Warga Maluku Bersama Membangun Banua” sejalan dengan membangun solidaritas persaudaraan antar orang Maluku di Banua Kalsel.

“Mari kita jadikan Syukuran HUT Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207 sekaligus Halal Bihalal Kerukunan Warga Maluku Kalsel sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kebersamaan di antara kita,” kata Mia. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai