Tuan Rumah Bimtek SohIB Kemkominfo, Pemprov Kalsel Lakukan Persiapan

Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dipilih menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sobat Hebat Indonesia Baik (SohIB) yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Sebagai persiapan menyambut kegiatan tersebut, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Diskominfo Provinsi Kalsel pun melaksanakan rapat persiapan secara luring dengan pihak kementerian terkait.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim diwakili Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik, Tarwin Patik Mustafa menuturkan, melalui rapat tersebut pihak kementerian akan melaksanakan dua jenis pelatihan yakni mobile journalism (pembuatan konten audio visual) dan data journalism (pembuatan data infografis).

“Dari dua kategori tersebut kita akan memfasilitasi untuk kategori mobile journalism dengan mengundang perwakilan ASN yang membidangi kehumasan dari 13 kabupaten/kota, karena ketegori ini yang paling kita butuhkan saat ini,” kata Tarwin, Banjarbaru, Senin (6/5/2024).

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut Tarwin, pihak Pemerintah Provinsi Kalsel juga akan memfasilitasi untuk lokasi pelaksanaan kegiatan.

“Jadi dalam beberapa waktu kedepan kita akan melakukan survei untuk pelaksanaan kegiatan tersebut baik itu hotel atau caffe, dan hasil survei akan kita kirim ke kementerian untuk menunggu persetujuan mereka,” tuturnya.

Lebih jauh Tarwin menjelaskan, bahwa untuk kategori pelatihan data journalism, akan difasilitasi langsung oleh pihak kementerian dengan merekrut reken-rekan mahasiswa setempat.

Bimtek SohIB sendiri rencananya akan digelar pada tanggal 27 Juni mendatang oleh Kementerian Kominfo RI dengan tujuan meningkatkan kemampuan pegiat jurnalistik di Banua. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai