Pertama Kali, Pemprov Kalsel Lakukan Proctorship Holmium Laser Enucleation of the Prostate

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin untuk pertama kalinya melaksanakan Proctorship Holmium Laser Enucleation of the prostate.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Diauddin mengatakan proctorship Holmium Laser Enucleation of the prostate ini merupakan cita – cita bersama yang akhirnya bisa dilaksanakan di Rumah Sakit.

“Kami sangat berbahagia dan menyambut baik pelaksanaan tindakan laser yang pertama kali dilakukan di RSUD Ulin Banjarmasin,” ucapnya, di Banjarmasin, Kamis (2/5/2024). 

Ia menerangkan pada proctorship kali ini ada lima pasien yang melakukan operasi dengan tindakan Laser Holmium Enakulasi Prostat (HOLEP). Lanjut, Diauddin mengungkapkan, ini akan berdampak baik bagi masyarakat maupun pihak rumah sakit karena nantinya bisa menjadi rujukan bagi rumah sakit lainnya yang ada di Kalimantan.

“Peralatan untuk pelaksana operasi ini langsung didukung oleh kementerian melalui dana PEN. tentunya dengan bantuan dari pusat tidak hanya alat melainkan SDM kita akan ditingkatkan melalui proctorship kali ini,” terangnya.

Dirinya menambahkan, semua perawatan ini ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melaksanakan operasi.

Sementara itu, Ketua Tim operasi, Prof. Agus Rizal Ardy Harlandy Hamid dari RSUP DR Cipto Mangkunkusumo menambahkan perbedaan teknik ini dari teknik sebelumnya yaitu pada penggunaan alat, jadi di dalam teknik ini alat laser yang membuat jaringan prostate pada pasien dapat diambil lebih banyak.

“Selain itu, untuk lama perawatan akan lebih singkat. Sehingga memudahkan pasien,” katanya.

Ia pun menjelaskan, teknik baru yang akan dilakukan ini bukan teknik yang susah, karena sebelumnya para dokter sudah memiliki keahlian untuk teknik standar.

“Tentunya para dokter akan sangat cepat untuk bisa mengambil alih teknik ini, sehingga pasien yang akan melakukan operasi prostate nanti bisa dilayani di daerahnya sendiri,” ungkapnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai