Pemprov Kalsel Tingkatkan Wawasan Pelaku Usaha Agar Dapat Bersaing di Pasar Global

Rakernis Bidang Perdagangan. MC Kalsel/scw

Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkatkan promosi produk potensial daerah atau produk ekspor dan membantu mengenalkan produk-produk potensial daerah agar dapat memasuki pasar dalam dan luar negeri melalui Pameran Misi Dagang yang akan kembali dilaksanakan di tahun ini, pada Mei 2024 rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta dan pada Agustus 2024 akan dilaksanakan di Bali.

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Sulkan mengatakan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pelaku usaha agar dapat bersaing di pasar global melalui kegiatan pelatihan dan sosialisasi ekspor, Banjarmasin, Kamis (25/4/2024).

“Dalam upaya mendorong kinerja ekspor Kalsel, Pemerintah Provinsi Kalsel juga memfasilitasi para pelaku usaha ekspor melalui kemudahan pelayanan pengurusan surat keterangan asal, serta membantu mengatasi hambatan dan permasalahan ekspor dan impor yang mereka hadapi,” kata Sulkan.

Dengan dukungan dan fasilitasi yang diberikan pemerintah provinsi, kabupaten/kota, serta kerja sama yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah, Sulkan yakin para pelaku usaha di Kalsel akan semakin mampu meningkatkan kinerja ekspornya dan memperluas akses pasar bagi produk-produk unggulan daerah kita.

“Saya juga mendorong jajaran Disdag Provinsi Kalsel untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dalam upaya peningkatan ekspor daerah,” ujar Sulkan.

Sulkan menambahkan, hal ini menjadi penting ditengah upaya Kementerian Perdagangan yang telah melakukan perjanjian kerja sama perdagangan, baik bilateral maupun multilateral, terutama ke negara-negara non-tradisional tujuan ekspor untuk membuka akses pasar baru. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai