Pemprov Kalsel Imbau Masyarakat Untuk Peduli Kanker Anak


Dokter Rumah Sakit Ulin Banjarmasin memberikan bantuan kepada para pasien anak di RSUD Ulin Banjarmasin. MC Kalsel/usu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu peduli berbagai penyakit yang menyerang anak – anak tidak terkecuali kanker.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Diauddin melalui Dokter Anak RSUD Ulin Banjarmasin, Wulandewi Marhaeni menuturkan dari data yang didapat di tahun 2023, lebih dari 150 orang mengidap penyakit kanker anak dan 50 persen mengidap kanker leukimia yang ditangani RSUD Ulin Banjarmasin.

“Hal ini dikarenakan stigma buruk masyarakat banua yang masih ragu mengizinkan anak mereka yang menderita kanker untuk menjalani terapi ataupun pengobatan,” ucapnya, Banjarmasin, Kamis (29/2/2024).

Lebih lanjut, menurut data organisasi kesehatan dunia (WHO) yang menyebutkan, tingkat kesembuhan kanker anak di negara berpenghasilan tinggi mencapai 80 persen. Sedangkan di negara berpenghasilan menengah dan rendah, angka kesembuhannya hanya mencapai 20 persen.

“Padahal apabila kita mau mengikuti prosedur untuk penanganan kanker pada anak, maka dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan penanganannya,” terangnya.

Untuk itu, Wulan berharap penyakit kanker anak bisa menjadi perhatian semua pihak. Pemahaman masyarakat, khususnya orang tua pasien harus meningkat. 

“Karena banyak juga contoh pasien kanker anak yang pernah saya tangani berhasil sembuh. Bahkan, beberapa dari mereka sudah bekerja menjadi notaris dan perawat,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai