Pemprov Kalsel Gelar Workshop Mendidik dan Menasehati Anak Melalui Berdongeng

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel mengadakan Workshop Mendidik dan Menasehati Anak melalui Berdongeng bersama Pendongeng Nasional, Kak Iman Surahman.

Kegiatan tersebut karena berdongeng menjadi salah satu alternatif dalam membentuk karakter anak sejak usia dini, bahkan dapat membantu mempererat hubungan antara orang tua dan anak maupun murid dan guru.

Kemampuan berdongeng yang baik pun harus dimiliki oleh orang tua maupun guru, agar pesan yang terkandung dalam dongeng bisa tersampaikan dengan baik.

Dalam kesempatannya, Kak Iman mengatakan, agar dongeng yang disampaikan tidak membosankan para orang tua maupun guru harus menyiapkan materi dongeng terlebih dahulu.

“Selain itu, kita juga bisa menyiapkan alat bantu dongeng seperti boneka dan lainnya untuk membantu anak memasuki dunia imajinasi mereka,” kata Kak Iman, Banjarmasin, Senin (19/2/2024).

Ditambahkanmya, cara penyampaian, durasi dongeng dan pesan yang ingin disampaikan juga harus disiapkan dengan baik.

“Kita juga harus bisa memahami karakter audiens untuk bisa menarik fokus dan perhatian mereka kepada kita, karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda,” tuturnya.

Selain itu, orang tua dan guru juga harus bisa menyamakan frekuensi dengan anak-anak, sehingga memudahkan dalam penyampaian pesan.

“Jika mereka sudah satu frekuensi dan siap menerima pesan, baru kita bisa sampaikan pesan dari dongeng, jika tidak dikhawatirkan pesan yang kita sampaikan nanti akan mental lagi,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai