19 Klien PRSPD Iskaya Banaran Telah Menyelesaikan Bimbingan Keterampilan

Sebanyak 19 klien Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Iskaya Banaran angkatan IV tahun 2023 Dinas Sosial Provinsi Kalsel telah menyelesaikan bimbingan keterampilan yang dilaksanakan selama enam bulan terakhir.

Kepala PRSPD Iskaya Banaran, Sacik Kartikowati mengatakan bahwa para klien tersebut telah siap kembali ke keluarga masing-masing dengan membawa bekal pengetahuan dan praktik yang cukup.

“Selain bekal keterampilan, para klien juga mendapatkan bantuan stimulan berupa alat penunjang untuk membuka usaha sesuai jurusan yang dipilih,” kata Sacik, Banjarbaru, Rabu (27/12/2023).

Adapun keterampilan yang diikuti para klien yaitu pelatihan tata busana menjahit, tata rias salon, komputer, dan juga tata boga.

“Dari 19 klien tersebut dirincikan Banjarmasin 2 orang, Banjar 3 orang, Banjarbaru 4 orang, Tala 4 orang, HSU 1 orang, Tabalong 2orang, HSS 1 orang, HST 1 orang, dan Tapin 1 orang,” ucap Sacik.

Dirinya juga menambahkan, klien yang mengikuti bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan adalah disabilitas mental 1 orang , tuna rungu wicara 8 orang, dan intelektual 10 orang.

Selain itu materi bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan yang diberikan selama enam bulan di panti adalah bimbingan kedisiplinan, bimbingan kemandirian, bimbingan kepribadian, bimbingan psikologi, bimbingan mental spritual, dan bimbingan keterampilan. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai