PRSTS Barakat Cangkal Bacari Luluskan 53 Klien Program Penerima Manfaat Angkatan IV

Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari melaksanakan penutupan program kegiatan penerima manfaat atau klien angkatan IV Tahun 2023 yang telah dijalani selama enam bulan terakhir di dua lokasi, yaitu untuk Perempuan PRSTS-BCB 1 dan untuk Laki-laki PRSTS-BCB 2.

Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Muhammadun melalui Sekretaris Dinsos Provinsi Kalsel, Murjani, dalam kesempatan tersebut mengatakan, kiranya para klien dapat mengembangkan terus pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat setelah kembali kekeluarga dan kembali kemasyarakat.

“Selanjutnya dengan pengetahuan, keterampilan, dan juga kita berikan paket modal usaha berupa peralatan sesuai dengan jurusan masing-masing. Saya berharap kalian bisa berhasil, sukses dan mandiri nantinya di masyarakat,” kata Murjani, Banjarbaru, Rabu (27/12/2023).

Murjani pun berpesan agar menjaga serta dan pupuk terus etika dan sikap yang baik, karena sikap yang baik dan berusaha dengan sungguh-sungguh akan menjadi penentu kesuksesan dalam rangka mewujudkan citra atau nilai yang lebih baik di mata masyarakat dan kemandirian kalian.

“Dan perlu diingat, bahwa sikap yang mempunyai nilai yang sangat tinggi adalah kejujuran dan kesungguhan, dua sikap tersebut biasanya menjadi standar penilaian yang paling utama orang memberikan kepercayaan kepada kita,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari, Fathul Jannah menyebutkan jumlah peserta di PRSTS Barakat Cangkal Bacari angkatan IV dari 13 Kabupaten/kota sebanyak 53 Orang Klien. Perempuan 40 klien dan Laki-laki 13 klien.

“Banjarmasin 6 Orang Klien, Banjarbaru 1 Orang Klien, Banjar 4 Orang Klien, Barito Kuala 4 Orang Klien, Tapin 2 Orang Klien, Hulu Sungai Selatan 7 Orang Klien, Hulu Sungai Utara 6 Orang Klien, Hulu Sungai Tengah 3 Orang Klien, Balangan 4 Orang Klien, Tabalong 6 Orang Klien, Tanah Laut 2 Orang Klien, Tanah Bumbu 3 Orang Klien, Kotabaru 5 Orang Klien,” kata Fathul.

Bimbingan keterampilan yang diikuti semua klien yaitu keterampilan inti dan keterampilan tambahan. Keterampilan inti yaitu Tata Busana, Keterampilan Tata Rias, Keterampilan Tata boga dan Bengkel Motor.

Sedangkan keterampilan tambahan berupa home industi sasirangan. Seni Musik, Kewirausahaan, keterampilan payet/ airguci aksesoris manik, keterampilan komputer, home industri kain perca, Bordir, Seni Tari, Vokal dan juga dilaksanakan kegiatan Praktek Belajar Kerja (PBK).

Ditambahkan Fathul, pihaknya tak hanya memberikan bimbingan keterampilan dalam hal Tata Busana, Tata Rias dan Tata Boga, dan Bengkel Motor namun juga memberikan keterampilan lain berupa bimbingan keterampilan dasar dan bimbingan fisik, bimbingan mental dan bimbingan sosial serta bimbingan Spritual keagamaan.

“Saya ucapkan selamat jalan, dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga. InsyaAllah bila dipanjangkan umur dan ditakdirkan bertemu lagi, kami hanya ingin melihat anak-anak kami yang dinyatakan lulus hari ini menjadi orang yang mandiri, terampil, berhasil dan sukses serta menjadi orang yang bermanfaat di masyarakat,” harapnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai