Pemprov Kalsel Gelar Pertemuan Koordinasi Pengusulan Bantuan Pendidikan Tenaga Kesehatan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Kalsel mengadakan Pertemuan Koordinasi Pengusulan Bantuan Pendidikan Tenaga Kesehatan Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023 di Banjarmasin.

Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Diauddin didampingi Kepala Bidang Sumber daya Kesehatan, Ahmad Yani dan kegiatan diselenggarakan mulai tanggal 14-16 November 2023.

Diauddin mengatakan tujuan kegiatan untuk mengkoordinasikan kebutuhan tenaga kesehatan di kabupaten/kota yang ingin medapatkan pendidikan.

“Makanya pada hari ini kita kumpulkan 13 kabupaten/kota Dinas Kesehatan, BKD untuk koordinasi masalah pengusulan pendidikan tenaga kesehatan,” kata Diauddin, Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, Sumber daya manusia (SDM) kesehatan yang berkualitas merupakan komponen penting dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan, karena menjadi pelaku utama yang mempengaruhi keberhasilan pembangunan tersebut.

“Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kualitas SDM kesehatan serta memenuhi SDM kesehatan yang bermutu dan merata, diperlukan bantuan pendidikan kepada SDM kesehatan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan membuka kesempatan kepada tenaga kesehatan yang berpotensi dan akan berkontribusi dalam pembangunan kesehatan indonesia melalui program bantuan pendidikan, di antaranya program bantuan biaya pendidikan tugas belajar SDM kesehatan, bantuan biaya pendidikan dokter spesialis – subspesialis dokter gigi spesialis – subspesialis, bantuan biaya pendidikan fellowship, bantuan biaya afirmasi dokter atau dokter gigi.

“Bantuan pendidikan diberikan sebagai bentuk dukungan pelaksanaan transformasi SDM kesehatan untuk tercapainya pemenuhan dan pemerataan SDM kesehatan,” terangnya.

Terkait hal tersebut, Dinkes Kalsel memandang perlu adanya kegiatan koordinasi pengusulan bantuan pendidikan tenaga kesehatan tingkat Provinsi.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memperoleh persamaan persepsi, kesepakatan, dan dukungan dalam pengusulan perekrutan, penyelenggaraan program bantuan belajar baik pendidikan formasi dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dokter gigi spesilalis serta pendayagunaan pasca PPDS atau PPDGS dan tugas belajar reguler dapat tercapai khususnya di Provinsi Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai