Pemprov Dorong Hilirisasi Produk Ekspor di Kalsel

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) tengah berupaya mengurangi ketergantungan terhadap sektor pertambangan dan beralih ke sektor lain yang potensial, seperti pertanian, pariwisata, industri hilirisasi, dan perdagangan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mendorong hilirisasi produk ekspor di Kalsel.

Plt Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira mengatakan, pihaknya sedang berupaya memfasilitasi dan mempromosikan ekspor dengan mencari produk unggulan di sektor pertanian dan sektor industri kecil menengah, Banjarmasin, Rabu (8/11/2023).

“Beberapa produk unggulan tersebut, antara lain kopi, kepiting mangrove, arwana, sarang walet, kayu gaharu, udang, ikan tangkap, dan belut. Meskipun masih terbatas jumlahnya, potensi ekspor produk-produk tersebut sangat besar dan perlu ditingkatkan volume ekspornya,” kata Fajar.

Saat ini, Ekonomi Kalsel saat ini masih didominasi oleh sektor pertambangan, yang menyumbang sekitar 30 persen Produksi Total Regional Bruto (PTRB) Provinsi tersebut. Sehingga transformasi dari sektor pertambangan ke sektor lain juga belumlah mudah dan memerlukan waktu.

“Diperlukan kerja sama antara berbagai pihak, baik sektor publik maupun swasta, dalam memfasilitasi hilirisasi produk ekspor di Kalsel,” ujar Fajar.

Fajar menyebutkan, perlu adanya inovasi dan pengembangan produk, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing di pasar global.

Kita semua berharap agar upaya mendorong hilirisasi produk ekspor di Kalsel dapat berjalan dengan baik dan berdampak positif bagi masyarakat Kalsel secara keseluruhan.

“Dengan mengembangkan potensi-potensi yang ada dan mengatasi tantangan yang ada bersama-sama, kita dapat menciptakan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan inklusif,” ucap Fajar. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai