Minimalisir Dampak Karhutla, Pemprov Kalsel Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat

Guna meminimalisir dampak akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terhadap kesehatan masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kesehatan Kalsel bersama UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan membagikan masker gratis kepada masyarakat. 

Pembagian masker dilakukan di dua titik berbeda yaitu di Simpang Empat Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala dan di depan kantor Dinkes Kalsel Banjarmasin. Di setiap titik masker dibagikan sebanyak 3.000 masker kepada para pengendara yang melintas. 

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin mengatakan pembagian masker ini berdasarkan intruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dimana seluruh SKPD Pemprov Kalsel bergerak terun ke lapangan membagikan masker di 50 titik yang tersebar di 4 daerah yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Batola.

“Untuk Dinkes Kalsel bertugas menyuplai masker ke beberapa SKPD sebanyak 96 ribu masker. Kalau total keseluruhan sebanyak 144 ribu masker yang dibagikan,” kata Diauddin, Senin (2/10/2023).

Menurutnya, pembagian masker sudah dilakukan sejak akhir Mei sampai dengan sekarang ke masyarakat dan anak sekolah. Bahkan Dinkes Kalsel telah mengeluarkan surat edaran ke kabupaten/kota. Dimana didalam surat edaran tersebut semua kabupaten/kota melakukan kewaspadaan dini pencegahan terhadap kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

“Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Pemprov kalsel untuk mencegah terjadinya penyakit saluran pernapasan akibat karhutla,” ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga menerjunkan tim kesehatan yang selalu bergerak ke wilayah-wilayah kabut asapnya. Di sana tim kesehatan membuka posko pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat sekitar. 

“Kita dirikan posko pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” ungkapnya. 

Ia mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah dan dalam suasana kabut asap, dianjurkan untuk memakai masker. 

“Kami imbau masyarakat agar memakai masker. Karena kondisi udara Kalsel khususnya Kota Banjarmasin dan Banjarbaru dalam kondisi tidak sehat. Apabila tidak terlalu penting baik tidak beraktivitas di luar rumah,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai