Kalsel Dapat Bantuan Penanganan Karhutla

Ist

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengapresiasi pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kalsel Tahun 2023 yang dilaksanakan di gedung Idham Chalid Banjarbaru.

“Kami ucapkan terima kasih atas diberikannya kembali bantuan peralatan penanganan karhutla untuk Kalsel oleh BNPB, bantuan ini akan kami maksimalkan sarana prasarana yang telah tersedia,” kata Sahbirin Noor, Kamis (21/9/2023.

Rakor diawali dengan penyerahan bantuan peralatan penanganan darurat kebakaran hutan dan lahan di Kalsel berupa pompa jinjing 24 unit, pompa apung 36 unit, selang 1,5 x 1,5 sepanjang 120 roll, set nozle 60 unit, motor pemadam (Mofistrike FHM-101 Dalkarhutla) 10 unit, dan Alat Pelindung Diri (APD) penanganan karhutla sebanyak 200 set.

Turut hadir, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Ariyanto, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Syamsudin Noor, Kolonel Penerbang Vincentius Endy Hadi Putra, para kepala BNPB Kabupaten/Kota se-Kalsel, para Kapolres, jajaran Basarnas, Manggala Agni, DPRD Kalsel, dan pihak atau instansi terkait lainnya.

Pada kesempatan ini pula, Gubernur Kalsel juga mengulas tindakan yang dilaksanakan oleh jajaran Pemprov Kalsel bersama seluruh sektor dalam penanggulangan karhutla.

Disebutkan peta titik kejadian karhutla Kalsel berdasarkan hasil kajian risiko dan pemetaan titik kejadian tahun 2023, potensi terbesar berada di bagian barat dari pegunungan Meratus, terutama pada area bandara Syamsudin Noor, wilayah Banua Enam atau hulu sungai ini terjadi peningkatan titik api.

Kemudian informasi penanganan bencana kabut asap karhutla dari Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) disebutkan luas lahan yang terbakar berdasarkan citra satelit sebanyak 24.588,89 hektare.

Sedangkan informasi lainnya yakni jumlah titik hotspot satelit ada 16.970 titik, titik api patroli udara ada 1.765 titik, dan penanganan darat dan udara sebanyak 1.212 titik.

Dukungan penanganan karhutla juga dilakukan sinergitas dengan pemerintah kabupaten kota, yakni 11 kabupaten dan satu kota, terkecuali kota Banjarmasin, seluruhnya telah mengeluarkan surat keputusan status siaga karhutla. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai