Pemprov Kalsel Mengapresiasi Rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2023 di Banua

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat mengapresiasi atas terpilihnya Provinsi Kalimantan Selatan sebagai salah satu destinasi Pekan Kebudayaan Nasional 2023 pada rangkaian Laku dalam ruang yang merupakan resistensi pekan Kebudayaan Nasional 2023 dengan tema “Batiti ka Muara” di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati mengungkapkan rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2023 ini menjadi momentum untuk memperkenalkan warisan – warisan budaya yang dimiliki Kalimantan Selatan salah satunya pasar terapung.

“Pasar terapung merupakan salah satu warisan banua yang tercatat di dalam Warisan Budaya Tak Benda Indonesia,” ucapnya, Banjarmasin, Sabtu (9/9/2023).

Ia menerangkan, Pemerintah provinsi maupun kota Banjarmasin hingga saat ini terus menerus melestarikan pasar terapung dengan berbagai upaya,di antaranya dengan selalu mempromosikan dan melakukan kegiatan yang menyangkut pasar terapung.

Hilda pun berharap dengan rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2023 bisa memotivasi untuk terus secara berkelanjutan, menjaga dan melestarikan seni budaya banua tercinta.

“Karena ini salah satu cara kita untuk pemajuan kkebudayaan, sehingga bisa menjadi pembelajaran di masa yang akan datang,” terangnya.

Sementara itu, Dewan Kurator Pekan Kebudayaan Nasional 2023 menambahkan untuk program laku dalam ruang kali ini melibatkan 9 kota yang ada di Indonesia, yang mana diliat dari potensi berupa warisan yang perlu digerakkan.

“Selain itu, Kalsel juga mempertemukan komunitas lokal dengan seniman dari lintas daerah yaitu Padang Panjang dan Yogyakarta, dengan harapan kita semua bisa saling silang pengetahuan dan pengalaman,” ungkapnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai