Pemprov Kalsel Dukung Ekspedisi Maritim 2023

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung penuh kegiatan expedisi maritim 2023 di wilayah Kalsel, yaitu mulai dari Kota Banjarmasin menuju ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan ke Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kalsel Setdaprov Kalsel, Sulkan, saat membacakan sambutan pada pemberangkatan tim expedisi maritim di monumen Divisi IV ALRI berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga apa yang menjadi tujuan maupun harapan dari kegiatan ini dapat terwujud.

“Kita ketahui bersama, Kalsel yang terdiri dari 11 Kabupaten dan 2 Kota ini merupakan provinsi paling kecil diantara 4 Provinsi Indonesia lainnya di Kalimantan, yaitu 6,98 persen dari luas pulau Kalimantan,” katanya, Banjarbaru, Kamis (7/9/2023).

Meski menjadi daerah paling kecil, dikatakan Sulkan, namun kontribusi bagi kepentingan nasional sangat besar, baik itu di bidang energi dan mineral maupun di bidang pertanian.

“Begitu juga dengan sejarah, khususnya dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Kalsel menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang mengikrarkan sebuah proklamasi, yang dikenal dengan proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, pada tanggal 17 Mei 1949,” ucapnya.

Ditambahkannya salah satu isi dalam proklamasi, yang dibacakan oleh Brigjen TNI (PURN) Hasan Basry, adalah pernyataan kesetiaan dan ketetapan, bahwa Kalimantan merupakan bagian dari NKRI.

“Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat jalan. Tetap jaga kekompakan, kesehatan, dan keselematan bersama. Semoga melalui ekspedisi ini, para prajurit dapat mengetahui jejak perjuangan masyarakat Kalsel, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” tandasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai