Peringatan HAN 2023, Gubernur Kalsel Dorong Terwujudkan Indonesia Layak Anak

Foto bersama pada peringatan Hari Anak Nasional

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) melaksanakan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tahun 2023 di Provinsi Kalsel dengan tema Anak Terlindungi Indonesia Maju.

Penyelenggaraan ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan Pemprov Kalsel berkomitmen untuk terus mendorong terwujudnya kebijakan kabupaten/kota layak anak, agar terwujud provinsi layak anak, yang pada akhirnya akan mewujudkan Indonesia layak anak.

“Daerah yang layak bagi anak pada akhirnya akan menjadikan daerah tersebut layak bagi seluruh komponen masyarakat,” kata Sahbirin, Banjarbaru, Senin (28/8/2023).

​​Kemudian disampaikan Sahbirin, pada peringatan HAN juga dirangkai dengan pelantikan bunda forum anak daerah dan penandatanganan perjanjian kerja sama antara DPPPAKB Provinsi Kalsel, Badan Narkotika Nasional, dan Ikatan Motor Indonesia Provinsi Kalsel tentang pemenuhan hak anak, perlindungan serta penanganan perempuan dan anak.

“Bunda forum anak daerah diharapkan akan mampu berperan dalam pelaksanaan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, mampu menampung aspirasi dan suara anak, membimbing forum anak daerah dalam menyuarakan hak-hak anak serta menjalankan fungsi pelopor dan pelapor di Kalsel,” ujar Sahbirin

Sahbirin menyebutkan, bunda forum anak daerah tentunya dapat mengambil peran strategis dalam memberikan panduan dan arahan kepada forum anak, agar lebih meningkatkan potensi kemampuan anak-anak yang bergabung dalam forum anak maupun anak anak secara menyeluruh di Kalsel.

“Alhamdulillah di 2023, forum anak daerah Provinsi Kalsel berhasil memperoleh penghargaan sebagai forum anak terbaik di Indonesia tengah, pada penghargaan data forum anak (dafa) award 2023,” ujar Sahbirin.

Selanjutnya, di tahun 2023 ini pula, Kalsel terpilih sebagai provinsi layak anak (provila) dan menjadi satu-satunya provinsi penerima penghargaan ini di Pulau Kalimantan. Disamping itu untuk kabupaten/kota yang sudah memperoleh penghargaan kabupaten/kota layak anak, agar terus tingkatkan kualitas pemenuhan dan perlindungan anak.

Melalui peringatan HAN ini, Sahbirin menyambut positif seluruh upaya strategis yang telah dilakukan. Ia berharap semoga makna peringatan hari anak 2023 membangun semangat baru untuk lebih peduli dalam melaksanakan kebijakan pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak secara optimal. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai