Ribuan Peserta KBN Nasional 2023 Berwisata Literasi ke Perpustakaan Palnam

Ratusan peserta regu putra KBN Nasional 2023 studi literasi ke Perpustakaan Palnam. MC Kalsel/Jml

Ribuan peserta Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang terbagi menjadi dua bagian yaitu regu putra dan regu putri mengunjungi perpustakaan umum milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani KM 6,4.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie beserta jajarannya, dan Pegiat Literasi Tingkat Internasional, Mochamad Ariyo Faridh Zidni atau biasa disebut Kak Aio.

Mereka juga terlihat antusias untuk mencoba fasilitas yang ada di perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengucapkan terima kasih kepada Pramuka Kwarda Kalsel atas sinergi dan kerjasamanya sehingga menjadikan Perpustakaan Palnam sebagai salah satu lokus kegiatan KBN.

“Alhamdulillah para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan disini. Mudah-mudahan mereka mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman berwisata literasi di perpustakaan palnam,” harapnya, Banjarmasin, Jumat (14/7/2023).

Dalam kunjungan tersebut, setelah acara penyambutan, para peserta KBN dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu pertama mengikuti kegiatan Perpustakaan Palnam Berdongeng bersama Kak Aio di Aula Dispersip Kalsel.

Sementara, kelompok kedua mengunjungi perpustakaan umum dan membuat kartu anggota perpustakan, kemudian kelompok ketiga mengunjungi gedung perpustakaan disabilitas, sedangkan kelompok keempat mengunjungi gedung teater.

Dengan adanya kunjungan ini Nurliani pun berharap dapat meningkatkan minat baca dan rasa cinta kepada buku dan juga perpustakaan.

“Melalui wisata literasi hari ini semoga mereka lebih gemar membaca dan lebih senang ke perpustakaan setelah mereka kembali ke daerah mereka masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) sekaligus Ketua Komisi Bela Negara, Hasto Prastito Yuwono menyampaikan, kunjungan ke Perpustakaan Palnam ini bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan para peserta KBN untuk membaca buku karena banyak manfaat yang didapatkan dari aktivitas tersebut, salah satunya menambah ilmu pengetahuan.

“Karena siapapun kita harus membaca karena akan menambah ilmu pengetahuan. Nah ini ada kesempatan emas untuk mengunjungi perpustakaan milik Pemprov Kalsel yang sudah didesain dengan baik oleh Dispersip Kalsel,” katanya.

Hasto berharap hasil kunjungan ini dapat menjadi contoh atau inspirasi ketika kembali ke daerah masing-masing. Ia juga mengaku sangat terkesan dengan kondisi dan fasilitas yang ada di Perpustakaan Palnam yang dinilai luar biasa.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi bagi adik-adik kita agar berbuat lebih baik, inovatif dan kreatif karena nantinya mereka akan meneruskan kepemimpinan bangsa di masa-masa mendatang,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai