600 Regu Putra Pramuka Ikuti Olahraga Seni Dan Permainan Tradisional Pada Kemah Bela Negara

Sebanyak 600 regu putra pramuka dari berbagai daerah mengikuti kegiatan Olahraga seni dan permainan tradisional pada rangkaian Kemah Bela Negara (KBN) tingkat Nasional tahun 2023 di Kiram Park Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dalam rangka untuk memperkenalkan olahraga tradisional dan permainan tradsional Kalimantan Selatan. 

Ketua Koordinator Olahraga Tradisional KBN, Agus Febrianto mengatakan pada hari ini pihaknya memperkenalkan permainan dan olahraga tradisional kepada para peserta pramuka. 

“Hari ini kita kenalkan permainan dan olaraga tradisional. Ternyata antusias para peserta pramuka sangat luar biasa untuk mencoba permainan tradisional,” kata Agus Febriantao yang Ketua Portina Kalsel, Selasa (11/7/2023).

Ia menambahkan, pihaknya memperkenalkan 10 permainan tradisional yaitu permainan Hadang, Tarik Tambang, Ketapel, Gubuk Bantal, Terompah Panjang, Sumpitan, Panahan, Enggrang, Lari Balok dan Balogo.

“Jadi ada 10 permainan tradisional yang kita mainkan, sekaligus memperkenalkan kepada anak-anak pramuka agar mereka memahami bahwa kita punya banyak permainan tradisional yang bisa digunakan untuk kegiatan berolahraga,” ujarnya. 

Dari hasil kegiatan hari ini, pihaknya juga mencoba mencari bakat-bakat pemuda pramuka khususnya Kalsel yang nantinya akan dibina untuk menjadi pengiat olahraga tradisional Kalsel. 

Kegiatan Kemah Bela Negara di Kalsel merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya, sebelumnya yang ketiga di Bengkulu dan tahun ini di Kalsel. Kegiatan ini diikuti 1.181 Pramuka dari berbagai provinsi di Indonesia. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai