Pemprov Kalsel Imbau Gunakan Masker Untuk Antisipasi Kabut Asap

Kabut asap yang terjadi di sekitaran jalan A. Yani. MC Kalsel/Fuz

Guna antisipasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kesehatan Kalsel mengimbau kepada masyarakat agar dapat menggunakan masker jika ingin bepergian.

“Jadi kami imbau kepada masyarakat jika ingin bepergian agar dapat memakai masker khususnya di sekitar jalan menuju Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin di Banjarmasin, Selasa (27/6/2023). 

Diauddin mengatakan, kabut asap sangat berbahaya bagi pernapasan dan dapat mengakibatkan terjadinya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan lainnya.

“Oleh karena itu, jika masyarakat ingin beraktivitas di tengah kabut asap diharapkan pekerjaan dan lainnya agar menggunakan masker,” ujarnya.

Selain memakai masker, kata Diauddin masyarakat juga diingatkan agar memperbanyak meminum air putih dan mengkonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh dapat meningkat. 

“Jangan menunggu haus. Perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi vitamin dan buat. Apalagi suhu panas tahun ini sangat ekstrem,” ungkapnya. 

Lanjut, Diauddin mengatakan sampai saat ini pihaknya juga masih menunggu arahan dan surat edaran dari BPBD Kalsel terkait untuk pembagian masker di lapangan. 

“Jadi kita masih menunggu dari BPBD. Kalau sudah ada intruksi BPBD, maka Dinkes siap untuk turun membagikan masker dan memberikan surat edaran ke Kabupaten/Kota di Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai