Pelatihan Perluasan Akses Pembiayaan UMKM Kalsel

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Gusti Yanuar Noor Rifai.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Gusti Yanuar Noor Rifai mengapresiasi kegiatan Fasilitasi Perluasan Akses Pembiayaan bagi Wirausaha atau Startup yang dilaksanakan di salah satu hotel di Banjarmasin.

“Jadi hari ini kita ada pelatihan terkait pembiayaan bagi UMKM di Kalsel, ini merupakan bentuk kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI,” ujar Gusti Yanuar Noor Rifai, Selasa (13/6/2023).

Dijelaskan, 40 pelaku UMKM yang berasal dari seluruh daerah di Kalsel ini sangat antusias mengikuti pelatihan. Lanjut, Ia menambahkan, sudah banyak kebijakan di Kalsel yang membantu UMKM, termasuk penambahan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Dana KUR sekarang ditambah sekitar Rp6,5 triliun, ini juga membantu perkembangan UMKM kita,” tambah Yanuar.

Lalu untuk persyaratan pengajuan pembiayaan KUR ada perubahan, persyaratan yang dapat mempermudah masyarakat, pinjaman di bawah Rp100 juta itu tanpa agunan.

“Kita sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintah Pusat seperti ini, begitupun pemerintah daerah yang mana ada enam kabupaten/kota yang telah menerapkan kebijakan membantu UMKM,” ujarnya.

Pada pelatihan ini menghadirkan lima narasumber, di antaranya dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel serta jajaran Kementerian Koperasi dan UKM RI. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai