Salurkan Kreatifitas Seni, Pemprov Kalsel Gelar Lomba Menggambar Tingkat SD


Foto bersama Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati (tengah) dengan para pemenang lomba gambar tingkat sekolah dasar di Museum Wasaka, Banjarmasin, Senin (29/5/2023). MC Kalsel/usu.

Salurkan kreatifitas seni sejak dini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan lomba gambar tingkat Sekolah Dasar yang dimenangkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pesayangan Selatan Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati menjelaskan, kegiatan ini baru pertama kali pihaknya gelar dan antusiasnya sangat tinggi dari para siswa yang mengikutinya.

“Total peserta yang iku sebanyak 45 siswa dan siswi dari Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala serta tema yang diangkat yaitu Terima Kasih Pahlawanku,” ucapnya, di Banjarmasin, Senin (29/5/2023).

Hilda pun berharap kepada para peserta, agar dapat menanamkan nilai dalam pendidikan karakter bangsa yaitu jujur, disiplin, kerja keras, kreatif dan mandiri, 

“Dan juga terus mengembangkan potensi yang dimiliki para siswa dengan selalu mengasahnya, seperti perlombaan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kalsel, Arry Risfansyah menambahkan untuk para peserta yang menang akan mendapatkan uang pembinaan dengan total hadiah Rp6 Juta.

“Juara 1 Rp3 Juta, Juara 2 Rp2 Juta, dan Juara 3 Rp1 Juta. Lalu mereka juga akan diberikan sertifikat yang akan membantu untuk mendaftar masuk sekolah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan juri yang terlibat pada perlombaan kali ini dari Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS).

“Ada 3 juri yang akan menilai hasil gambar para peserta yaitu, Muslim Anang Abdullah, Desy Sunjaya Adhiarso dan Endro Budi Raharjo,” ungkapnya.

Lalu menurut salah satu satu juri, Muslim Anang Abdullah mengatakan agar para peserta dapat terus mengasah bakat mereka.

“Peran orang tua dan pihak sekolah hendaklah mendukung penuh bagi para kalangan pelajar untuk terus mengasah bakat dan kemampuannya dalam seni lukis,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Murid juara 1 Lomba Gambar, Analisa sangat bersyukur pihak Pemprov Kalsel bisa melaksanakan perlombaan seperti ini.

“Semoga perlombaan bisa dilaksanakan setiap tahunnya agar para siswa dapat merasakan kemeriahan dan sukac ita mengikuti lomba,” pungkasnya.

Untuk pemenang lomba Gambar tingkat Sekolah Dasar tahun 2023 dari SDN Pesayangan Selatan, Kabupaten Banjar,Putri Siska Amelia dengan nilai 269 poin. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai