Majukan Pariwisata, Pemprov Kalsel Ajak Peran Aktif Masyarakat Sekitar Objek Wisata

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Dalam rangka memajukan pariwisata Banua, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel melakukan kunjungan ke Provinsi Yogyakarta belum lama ini.

Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan tersebut ada sejumlah hal yang bisa diterapkan untuk memajukan sektor pariwisata di Banua salah satunya yakni meningkatkan peran aktif masyarakat di sekitar objek wisata.

“Banyak hal yang kita pelajari pada kunjungan tersebut, dimana pemerintah daerah disana sangat aktif dan masyarakatnya juga sangat mendukung dalam pengembangan destinasi wisata,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (23/5/2023).

Dia menuturkan, peranan masyarakat di sekitar objek wisata sangat penting, khususnya berkaitan dengan pelayanan dan keramahan mereka dalam menyambut pengunjung yang bisa saja ini menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata tersebut.

“Walaupun hal tersebut terlihat sederhana, namun ini memiliki dampak yang sangat besar bagi kemajuan dunia pariwisata di Banua. Jadi keramah-tamahan dan kualitas pelayanan yang baik ini merupakan bagian penting dalam menjalan pariwisata,” tutur Syarifuddin.

Oleh karena itu, Syarifuddin berkomitmen untuk meningkatkan sinergitas bersama Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) dan pengelola pariwisata di Banua dengan memberikan edukasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat.

“Kedepan kita akan tingkatkan sinergi dengan Pokdarwis dan pengelola pariwisata untuk membantu kita meningkatkan peran serta masyarakat setempat, khususnya dalam memberikan pelayanan dan keramahtamahan terhadap pengunjung,” ujar Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai