Pemprov Kalsel Berikan Bantuan Bibit Udang Windu bagi Kabupaten Tanah Bumbu

Penebaran bibit udang windu di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada 2023 ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Provinsi Kalimantan Selatan Kalsel) melalui Seksi Sarana dan Prasarana Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan memberikan bantuan bibit udang windu untuk Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Dislautkan Provinsi Kalsel, Rusdi Hartono melakukan penebaran bibit udang windu di lokasi tambak Kelompok Pembudaya Ikan Desa Api Api, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Sesuai dengan arahan Pak Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor penyerahan bantuan hibah dilaksanakan beberapa waktu lalu kepada kelompok pembudidaya ikan yang diwakili oleh Ketua Kelompok Sahabatku dan Ketua Kelompok Hasrat Bersama,” kata Rusdi, Banjarbaru, Senin (22/5/2023).

Dijelaskan Rusdi, kegiatan tersebut bertujuan untuk menstimulus kegiatan budidaya udang windu, yang diharapkan produksinya semakin meningkat dari Kelompok Pembudidaya Ikan Desa Api Api agar harapannya kedepan perekonomian penambak bisa lebih sejahtera.

“Jumlah yang ditebarkan mencapai 190 ribu lebih bibit udang Windu,” ucap Rusdi.

Potensi untuk mengembangkan usaha perikanan budidaya di Kalsel sangat besar, apabila potensi ini dikelola dengan baik, akan dapat menjadi andalan sumber pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Salah satu ikan komoditas utama perikanan air payau di Kalsel yaitu udang windu yang cukup digemari masyarakat. Kegiatan budidaya udang windu ini semakin berkembang di masyarakat khususnya yang berada di pesisir dengan kondisi air payau. Budidaya udang windu berkembang di wilayah Kalsel, khususnya Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru,” ucap Rusdi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai