Tingkatkan Prestasi Atlet, Pemprov Kalsel Adakan Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Organisasi Keolahragaan

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel mengadakan pelatihan dan pengembangan manajemen organisasi keolahragaan di Banjarmasin. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel mengadakan pelatihan dan pengembangan manajemen organisasi keolahragaan di Banjarmasin.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan para cabang olahraga (Cabor) dalam mengelola organisasi olahraga, sehingga prestasi atlet di tingkat nasional semakin meningkat.

“Terutama menjelang Pra PON dan PON, target kita cabor bisa meloloskan atlet binaannya sebanyak-banyaknya,” kata Kadispora Kalsel, Hermansyah, di Banjarmasin, Kamis (4/5/2023).

Ia pun berharap kegiatan ke depannya harus berkesinambungan, sehingga program peningkatan prestasi olahraga khususnya bisa di manajemen dengan baik.

“Narasumber yang kita siapkan hari ini berasal dari pusat KONI dan pelatih fisik, semoga ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh cabor,” ujarnya.

Hermansyah juga menerangkan, tahun ini Dispora akan memberlakukan pemberian dana hibah langsung kepada cabor, indikatornya berkaca pada kesuksesan Cabor PON di Papua. 

“Untuk PON 2024, dana hibah sesuai dengan prestasi dan diserahkan langsung ke cabornya,” ujarnya.

Oleh karena itu, dengan pemberlakuan seperti ini, cabor mampu memanajemen keuangannya dengan baik untuk peningkatan prestasi atlet binaannya. 

Apalagi berdasarkan penilaian Sport Development Index (SDI) yang diterima Kalsel, kata Hermansyah mengalami peningkatan. Hal ini didukung beberapa event nasional yang diikuti mampu meraih medali yang cukup banyak. 

“Meskipun begitu, Kalsel untuk sarana dan prasarana atau fasilitas olahraga penilaiannya masih rendah dan akan terus dibenahi ke depannya,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai