Terima Kunjungan SMA, Sekretariat DPRD Kalsel Sampaikan Tugas Pokok dan Fungsi

Foto bersama usai Kunjungan SMA Plus Citra Madinatul Ilmi. Sekretariat DPRD Kalsel/dok

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menerima kunjungan dari SMA Plus Citra Madinatul Ilmi.

“Jadi kemarin itu kami memang kedatangan tamu SMA Plus Citra Madinatul Ilmi dan baru pertama kali dikunjungi oleh setingkat SMA. Semoga para siswa dan siswinya bisa sukses kedepannya agar bisa mewakili masyarakat Kalsel sebagai anggota Legislatif,” ucap Kepala Bagian Persidangan, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan Layanan Aspirasi, Muhammad Andri Yuzhar mewakili Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Jaini, Banjarmasin, Rabu (22/2/2023).

Disampaikan Andri, pihaknya merasa senang atas kunjungan pertama kalinya di tingkat SMA untuk melihat langsung praktik dan room tour DPRD Kalsel yang merupakan tempat rapat musyawarah mufakat dalam menghasilkan suatu kebijakan demi kemajuan Banua.

“Kita ingin dari mereka ini menjadi generasi penerus Banua, salah satunya dapat menggantikan generasi pendahulunya,” ungkap Andri.

Andri menjelaskan, salah satu tugas pokok dan fungsi kerja di Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel mempunyai kesamaan fungsi dengan lembaga legislatif setingkat. 

“Fungsi DPRD sama dengan fungsi lembaga legislatif lainnya yang berada di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Sebab, fungsi legislatif bersama pemerintah daerah membuat peraturan daerah dan fungsi anggaran DPRD membahas dan menetapkan sebuah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” sebut Andri.

Disisi lain, salah satu Guru Mata Pelajaran Sejarah SMA Plus Citra Madinatul Ilmi, Hasbullah menginginkan, dari kunjungan ini dapat menjadi bekal dan pengalaman nantinya bagi anak didiknya dalam meraih kesuksesan.

“Pengalaman yang didapatkan dari kunjungan ini mereka belajar banyak tentang tugas dan fungsi DPRD dan  diajak room tour ruang kerja anggota DPRD dan melihat langsung ruang rapat paripurna,” tutur Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai