Kepengurusan Mabida, Kwada dan LPK Gerakan Pramuka Resmi Dilantik

Kepengurusan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Kwartir Daerah (Kwarda) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kalsel masa bakti 2022-2027 resmi dilantik di Kiram Park Kabupaten Banjar. MC Kalsel/tgh

Kepengurusan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Kwartir Daerah (Kwarda) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kalsel masa bakti 2022-2027 resmi dilantik di Kiram Park Kabupaten Banjar.

Pelantikan langsung dilakukan oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen (Purn) Budi Waseso.

Dikesempatannya, Budi Waseso mengatakan Gerakan Pramuka bekerja sama dengan pemerintah dan unsur masyarakat, dalam berbagai kegiatan perbantuan seperti, aksi tanggap bencana, membantu pengentasan kemiskinan, serta membantu mengatasi permasalahan-permasalahan sosial lainnya.

“Kegiatan tersebut juga sebagai sarana pendidikan bagi para anggota pramuka untuk belajar menumbuhkan semangat simpati dan empati kepada orang lain,” ucapnya, Sabtu (4/2/2023).

Menurutnya, pramuka salah satu wadah pendidikan, yang dapat mewujudkan generasi muda berkarakter dan menjadi kekuatan menangkal masuknya pengaruh-pengaruh negatif.

“Ke depan melalui pramuka ini, kita bangun secara menyeluruh kekuatan ketahanan pangan, ketahanan energi, bela negara dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah Pramuka Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan, kehadiran Ketua Kwarnas, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso adalah suatu kebanggaan dan kegembiraan bagi gerakan pramuka di Kalsel.

“Sekaligus memberikan motivasi dan semangat kepada pengurus Mabida dan pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel agar siap bekerja dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab,” katanya.

Ia menuturkan, selama lima tahun yang lalu, Raudhatul Jannah selaku Ketua Kwarda beserta jajaran pengurus telah membuktikan kehandalan dan ketangguhannya dalam menghidupkan gerakan pramuka. Baik untuk kegiatan kepramukaan maupun kiprahnya dalam kehidupan sosial masyarakat.

“Seperti keterlibatan gerakan pramuka dalam membantu masyarakat yang terdampak korban banjir, pembagian masker dan pembagian sembako di masa pandemi,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan modal pengalaman tersebut gerakan pramuka yakin dan optimis ketua kwarda dan seluruh pengurus bisa bergerak lebih cepat dan gesit dalam mengoptimalkan posisi strategis gerakan pramuka. Sehingga gerakan pramuka benar-benar mampu membentuk generasi muda yang nasionalis, berjiwa pancasila dan membentuk kepemimpinan yang tangguh, terampil, dan berdaya saing.

“Mari kita buktikan bahwa gerakan pramuka di kalsel menjadi salah satu gerakan pramuka terbaik di Indonesia,” katanya.

Kegiatan juga dirangkai dengan pelantikan
Ketua Kwarda Pramuka Kalsel beserta jajaran pengurus sekaligus melantik LPK Pramuka Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai